22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Puluhan Pasien Rumah Sakit Jiwa yang Sudah Sembuh di Medan Tak Kunjung Dijemput Keluarga

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 30 pasien Orang Dengan Gangguannya Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof Dr M Ildrem Jalan Tali Air Medan Tuntungan yang sudah dinyatakan sembuh belum juga dijemput pihak keluarga.

“Ada 30 orang yang kita nyatakan sudah sembuh tapi belum dijemput keluarganya. Ini dilema bagi kita, karena kejadian seperti ini kerap berulang,” kata Wakil Direktur (Wadir) RSJ Prof Dr M Ildrem, dr Lisni Elysah SpKK Finsdv, Senin (22/3/21).

Dikatakan, ke-30 pasien itu kini masih berada di ruang rawat dan ada juga yang sudah berjalan di kawasan rumah sakit. Ia pun meminta kepada pihak keluarga untuk menjemput pasien tersebut. “Mereka ini kan bahagian keluarga, mengalami penyakit ini juga bukan kehendak mereka, jadi ayoklah kita rawat mereka dengan manusiawi,” ungkapnya lagi.

Baca Juga:Pasien ODGJ RSJ Ildrem Medan Diajari Buat Keterampilan

Meski belum dijemput, RSJ milik pemerintah itu merawat mereka dengan manusiawi. Semua tampak bersih dan sehat fisiknya. “Kita sudah berusaha mencari kediaman keluarganya dan menelepon ke nomor handpone yang ditinggalkan di rumah sakit ini, namun tidak ditemukan dan nomor handpone tidak aktif atau tidak bisa dihubungi. Jadi untuk menemukan keluarga pasien ini, kita juga membentuk tim khusus,” tegasnya.

Dikatakan, pasien ODGJ ini sejak masuk ke RSJ rata-rata dalam 1 bulan sudah bisa dibawa pulang. Keluarga melanjutkan merawat dengan rutin memberikan obat yang disarankan. Namun kendati demikian pasien justru banyak yang tidak dijemput kembali.

“Alasannya kita tidak tau. Jadi kami mohon perhatian dan kerjasamanya agar yang memiliki keluarga disini segera menjemputnya. Ini juga agar bisa bergantian dengan pasien yang akan dirawat disini,” ucap dia. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles