10.9 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Polsek Medan Timur Imbau Pengurus Vihara Terapkan Prokes Saat Imlek

Medan, MISTAR.ID

Polsek Medan Timur mengimbau kepada seluruh pengurus vihara yang ada di wilayah hukum Polsek Medan Timur untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat merayakan Tahun Baru Imlek 2021.

“Kita mengimbau seluruh pengurus vihara untuk menambah kekuatan yang nantinya bertugas melakukan pemantauan saat jemaat melaksanakan ibadah, sehingga penerapan aturan prokes berjalan baik. Sebab, perayaan Imlek masih dalam situasi penyebaran pandemi Covid-19,” kata Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin saat berkoordinasi dengan sejumlah pengurus vihara di Mapolsek Medan Timur, Sabtu (6/2/21) siang.

Dia menyebutkan, koordinasi ini bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas selama Perayaan Imlek 2021 berjalan aman dan kondusif. “Kita ingin Kamtibmas tetap terjaga saat Imlek,” terangnya.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Imlek, PT STTC Berikan Bantuan kepada Anak-anak Panti Asuhan

Arifin juga berpesan sebaiknya pengurus vihara saat pelaksanaan ibadah Imlek, juga membuat siaran online atau virtual guna mengantisipasi terjadi kerumunan.

Namun begitu, mantan Kasi Propam Polrestabes Medan ini tidak melarang Umat Buddha untuk datang beribadah ke vihara merayakan Imlek tetapi diingatkan kepada seluruh pengurus bisa mengatur jarak tempat ibadah agar tidak terjadi timbulnya klaster baru Covid-19.

“Langkah ini kita lakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada Umat Buddha sehingga khusuk dan tetap sehat saat menjalankan ibadah Imlek walaupun di tengah pandemi,” ungkapnya.

Baca Juga: Menyambut Imlek, Tim Baksos ‘Berbagi Kasih’ Bantu Warga Rusunawa Tebing Tinggi

Sementara itu, Waka Polsek Medan Timur, Iptu Edisman Purba, menambahkan sekaligus meminta kepada seluruh pengurus vihara menyediakan tempat cuci tangan serta alat pengecek suhu tubuh (termogan).

“Dengan penerapan protokol kesehatan saat Perayaan Imlek turut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19,” terangnya.

Para pengurus vihara menyambut baik adanya koordinasi penerapan protokol kesehatan selama perayaan Imlek.

“Kita menyambut baik terhadap kegiatan koordinasi ini,” ujar pengurus Vihara Satya Budha Purnama, Herry Wiyanto.

Dia pun sangat mendukung penuh penerapan protokol kesehatan dalam mencegah pandemi Covid-19. “Selama pandemi Vihara Satya Buddha Purnama telah menerapkan prokes dengan sistem pelaksanaan ibadah secara virtual mengantisipasi terjadi kerumunan,” pungkasnya.(saut/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles