13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Pertama di Sumut, RS Adam Malik Resmikan Poli Khusus Gagal Jantung

Medan | MISTAR.ID – Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik (AM) meresmikan polikilinik khusus gagal jantung di Instalasi Pusat Jantung Terpadu (PJT) yang sekaligus merupakan Polikilinik Khusus Gagal Jantung pertama di Sumatera Utara dan ke-27 di Indonesia, Senin, (20/1/20).

Direktur Utama RSUP HAM, dr Bambang Prabowo MKes, sebagai rumah sakit tipe A di Sumut, pihaknya terus berinovasi salah satunya membangun poli khusus gagal jantung. Pasalnya, bekisar 80 persen dari seluruh pasien jantung yang dirawat di RSUP HAM adalah pasien gagal jantung.

Dia menyebutkan, gagal jantung merupakan stage akhir dari semua penyakit jantung, yang mana gagal jantung tidak bisa disembuhkan. Namun ini bukan akhir dari segalanya, penyakit ini bisa dikendalikan. Hal inilah yang menjadi target hadirnya pelayanan baru ini.

“Pasien gagal jantung tidak lagi berulang kali dirawat sehingga angka hospitalisasi semakin berkurang dan pasien bisa memperpanjang usia hidup. Mohon bapak ibu semuanya yang telah didiagnosa oleh para dokter kami yang ahli dalam bidangnya, manfaatkanlah semaksimal mungkin fasilitas yang kami sediakan ini, juga untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait. Andaikata pelayanan sedikit lama kami mohon bersabar, karena jumlah pasien jantung kami cukup banyak,” ucapnya didampingi Direktur Umum dan Operasional, dr Mardianto SpPD KEMD dan Direktur SDM dan Pendidikan, Dr dr Fajrinur Syarani MKed (Paru) SpP(K) kepada para pasien yang turut hadir dalam peresmian poliklinik ini.

Pada kesempatan ini, dia juga memperkenalkan kembali sistem pendaftaran rawat jalan online di RSUP HAM melalui aplikasi dan pesan singkat SMS. Hal ini tentunya membantu pasien karena dapat mengurangi antrian.

“Dan untuk mengurangi antrian ini, diharapkan pasien untuk mendaftar melalui aplikasi online atau sms yang telah kami sediakan,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Medik dan Keperawatan, dr Zainal Safri SpPD (K) SpJP (K) mengatakan bahwa pihak rumah sakit akan terus berusaha memberikan pelayanan yang paripurna sehingga setiap pasien nyaman ketika berobat.

“Kepada para pasien, semoga semuanya nyaman berobat di Adam Malik. Hadirnya poli ini adalah sebuah terobosan kita sebagai Rumah Sakit tipe A. Melalui poli ini juga kami akan melayani bapak ibu secara komprehensif yang jadwalnya pada hari Selasa dan Kamis. Insyaallah kami akan memberikan pelayanan yg lebih baik kedepannya,” jelasnya didampingi oleh Ketua SMF Kardiologi, Prof Dr Harris Hasan SpPD SpJP(K) dan Kepala Instalasi PJT, dr Nizam Zikri Akbar SpJP (K).

Polikilinik Khusus Gagal Jantung RSUP H Adam Malik beroperasi setiap hari Selasa dan Kamis. Setiap pasien yang dirawat di poli ini akan banyak menerima edukasi yang berfokus agar pasien dapat merawat diri sendiri dengan tepat. Sehingga pasien bisa hidup aktif dengan perawatan yang komprehensif dan terhindar dari perburukan kondisi jantung tersebut.

Pada acara peresmian ini, diadakan juga seminar awam dengan topik ‘Hidup Aktif Walau dengan Gagal Jantung’ yang dipaparkan oleh Dr yuke SpJP.

Reporter: Saut Hutasoit/rel
Editor: Edrinsyah

Related Articles

Latest Articles