21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Penyaluran Bantuan Beras Pemerintah Sudah Berjalan di Seluruh Kabupaten/Kota Sumut

Medan, MISTAR.ID

Perum Bulog Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan penyaluran bantuan pangan cadangan beras Pemerintah sudah berjalan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumut melalui PT Pos Indonesia Regional 1 Sumatera.

Menurut Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut, Arif Mandu bahwa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sumut yang menerima bantuan beras ini selama tiga bulan mulai September, Oktober dan November sebanyak 926.507 KPM. Sehingga untuk pagu Sumut selama tiga bulan ini 9.265.070 kg per bulan.

“Tinggal di 5 kabupaten/kota di Pulau Nias yang belum menyalurkan. Tapi mereka sudah rapat koordinasi antara Bulog dan PT Pos dengan Sekda dan para Camat. Kalau tidak hari ini maka besok akan disalurkan bantuan pangan tersebut. Sehingga penyaluran ini sudah seluruh kabupaten/kota. Jadi sembari berjalan sembari kita launching kalau kemarin masih soft launching,” kata Arif usai Launching Bantuan Pangan Cadangan Pemerintah di Gudang Bulog Jemadi Medan, Jl. Jemadi No.51, Pulo Brayan Darat II, Kec. Medan Timur, Selasa (26/9/23).

Baca juga: Bulog Siap Jor-joran Demi Redam Fluktuasi Harga Beras di Masyarakat

Dijelaskan Arif, penyaluran bantuan ini tercukupi dimana stok beras Bulog ada 47 ribu. Bahkan sebelumnya ada di angka 60 ribuan karena sudah ada penyaluran-penyaluran tersisa 47 ribu.

“Kami butuh kurang lebih 8 ribuan ton untuk 3 bulan itu. Stok kami kemarin ada 60 ribuan ton. Artinya kurang dari setengahnya untuk kebutuhan bahan tambahan,” sebutnya.

Sementara itu, di Oktober mendatang akan ada masuk tambahan beras sebanyak 25 ribuan ton lagi, masuk dari Vietnam dan ketahanan pangan kita untuk beras sampai akhir tahun dipastikan aman.

Related Articles

Latest Articles