23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pengunjung Tempat Wisata di Sumut Dibatasi

Medan, MISTAR.ID

Meski Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran mendatang, namun objek wisata tetap buka seperti biasa. Hanya saja pengunjung dibatasi.

“Objek pariwisata bukan ditutup, tapi dibatasi. Karena ada rakyat kita di situ, ada UMKM-UMKM,” kata Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Jumat (16/4/21).

Menurutnya, akan ada peraturan yang wajib dipatuhi para pelaku pariwisata maupun calon pengunjung. Di antaranya penerapan protokol kesehatan dan ketentuan lainnya, seperti ketersedian tempat cuci tangan dan sebagainya.

Baca Juga:Gubsu Berupaya Pulihkan Ekonomi Sumut

Di samping itu, bila ada ditemukan kasus Covid-19 di lokasi wisata, pemerintah setempat bersama Satgas Covid-19 juga telah menyiagakan tim medis serta menyiapkan rumah sakit rujukan tempat pasien menjalani perawatan. “Sudah kita siapkan lokasi-lokasi, rumah sakit-rumah sakit untuk mengatasi hal itu,” jelasnya.

Sementara untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 pada saat libur lebaran nanti, Pemprov Sumut telah membuat sejumlah kebijakan. Ia berharap masyarakat bisa mematuhi. “Untuk lebaran semua kita pangkas. Cuti kita pangkas. Berlebaran juga dipangkas. Sedapat mungkin dari tanggal 6 sampai 17 Mei, ayok berlebaran di rumah masing-masing. Bertamasya di halaman rumah masing-masing. Kita berdoa dari rumah masing-masing,” ujarnya. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles