24.2 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Mobil Patroli Perintis Samapta Mampu Deteksi Seorang DPO

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara meluncurkan 12 unit mobil patroli Perintis Samapta yang dilengkapi berbagai fitur berteknologi mutakhir dan modern. Fitur yang dimiliki salah satunya berfungsi mendeteksi seorang yang berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO).

“Sistem kami meliputi semua yang dibutuhkan. Artinya kalau face itu bekerja, DPO sudah terintegrasi dengan sistem dan akan menginformasikan melalui notifikasi. Ini otomatis sambil berjalan,: kata Kapolda Sumut Agung didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution, serta Forkopimda Kota Medan, Senin (24/7/23).

Ia menyebutkan, mobil ini dilengkapi teknologi pemantauan dengan kamera High Definition (HD), sensor deteksi kendaraan, serta perekam data. Lanjut dia, fitur ini memungkinkan anggota kepolisian melakukan pemantauan dan pengawasan dengan lebih efektif dalam menjaga keamanan wilayah.

Baca juga: Polda Sumut Luncurkan Mobil Patroli Berfitur Teknologi Canggih, Dapat Merekam Data

“Sebagai contoh, menemukan seseorang yang dicurigai bisa mengecek melalui kartu penduduknya, mobil ini bisa melakukan. Karena Disdukcapil bisa membantu menemukan identitas ini benar atau sama. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur ini face yang bisa memantau wajah orang dan bisa mengidentifikasi plat-plat mobil, kendaraan yang melintas,” sebut dia didampingi

Masih Kapolda, Mobil patroli ini juga dilengkapi dengan sistem komunikasi terpadu dan terkoneksi dengan Pusat Komando (Command Centre). Ini memudahkan anggota untuk bertukar informasi yang cepat dan koordinasi lebih baik dalam tugas-tugas.

“Paling mutakhir, kita menggunakan kendali suara dan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di mobil patroli ini,” ungkap Mantan Asisten Operasi Kapolri tersebut.

Baca juga: Mobil-mobil Canggih Warnai Event Danau Toba Rally 2022

Selain itu, sambung dia, teknologi kendali suara dan kecerdasan buatan (AI), membantu petugas mengakses informasi, menavigasi, dan mengambil tindakan tepat dengan perintah suara. Ini membantu mengurangi gangguan visual, serta memungkinkan fokus lebih besar di lapangan.

Mantan Kepala Opsnal Mabes Polri ini mengatakan, sistem digunakan di mobil patroli lebih canggih dan terintegrasi dengan aplikasi kepolisian. Di antaranya Call Centre 110 dan SOT PRESISI, terhubung dengan Command Centre Polrestabes dan Polda.

Fitur lainnya yang dilengkapi di Mobil Patroli tersebut, adanya Sistem Navigasi Pintar. Dengan sistem ini, membantu petugas menemukan rute tercepat dan teraman saat merespons panggilan darurat atau kejadian penting.

Baca juga: KFC Danau Toba Rally 2023: Mobil Spek Asia Pacific dan R5 Akan Ikut Bertanding

Selain itu, jelasnya, navigasi ini sudah tersinkronisasi dengan rute patroli daerah rawan kejahatan, sehingga memudahkan petugas dalam memilih rute patroli.

“Peluncuran Mobil Patroli Perintis diharapkan akan meningkatkan kemampuan penegakan hukum, memberikan perlindungan lebih baik bagi petugas polisi, dan memberikan kontribusi positif untuk keamanan masyarakat secara keseluruhan,” pungkasnya. (Saut)

Related Articles

Latest Articles