24.3 C
New York
Friday, June 7, 2024

Fokus Lensa : Mengetahui Perjalanan Perkebunan Indonesia di AVROS

Medan, Mistar.id

Lokasi Museum Perkebunan Indonesia adalah di Jalan Brigjend Katamso, No. 53, Medan, Indonesia.  Soedjai Kartasasmita, seorang tokoh perkebunan nasional yang berpendapat bahwa Indonesia seharusnya memiliki sebuah museum yang membahas tentang perkebunan, memulai inisiatif untuk mendirikan Museum Mini pada 10 Desember 2016.

Museum ini terletak di bangunan yang menjadi bagian dari APA (Algemeene Proefstation der AVROS / Algemeene Vereniging voor Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra), yang merupakan singkatan dari Perhimpunan Pengusaha Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatra.

Tempat ini lebih dari sekadar gedung kosong; itu adalah pusat informasi yang memberikan pengetahuan tentang kemegahan industri perkebunan Indonesia.

Pengunjung dapat menemukan berbagai informasi tentang pusat penelitian perkebunan Indonesia dan mengenal komoditas unggulan perkebunan Indonesia yang telah mendunia sejak abad ke-18 hingga sekarang.

Selain itu dapat melihat pesawat terbang PTPN II Piper Pawnee produksi 1958 yang digunakan selama 49 tahun untuk menyemprot hama tanaman tembakau.

Juga ada lokomotif Ducro & Brauns dari Belanda yang dibuat tahun 1940 dan dioperasikan dengan olej PTPN IV.

Di lokasi itu ada Montik, juga dikenal sebagai kepala kereta buatan Scoma dari Jerman, yang digunakan oleh PT Socfin untuk mengangkut sawit dari tahun 1982 hingga 2015. (Berbagai Sumber / hm19)

lokomotif Ducro & Brauns dari Belanda
Lokomotif Ducro & Brauns dari Belanda yang dibuat tahun 1940 dan dioperasikan dengan oleh PTPN IV (f: Bobby / Mistar.id)
Piper Pawnee produksi 1958
PTPN II Piper Pawnee produksi 1958 yang digunakan selama 49 tahun untuk menyemprot hama tanaman tembakau (f: Bobby/Mistar.id)
Montik Scoma
Montik buatan Scoma dari Jerman (f: Bobby / Mistar.id)

Related Articles

Latest Articles