11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kloter Pertama Calon Jemaah Haji Sumut Asal Madina Tiba di Medan, 20 Persennya Lansia

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 360 calon Jemaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba di Embarkasi Medan, di Aula Jabal Nor, Asrama Haji Medan, Selasa (23/5/23). Tampak PPIH Embarkasi Medan Tahun 2023 dengan sigap untuk menyambut ratusan jemaah ini.

Kabid Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Sumut Zulpan Efendi mengatakan, hari ini Embarkasi Medan telah menerima keberangkatan calon jemaah haji kloter pertama yang berasal dari Kabupaten Madina berjumlah 360 orang.

“Jemaah ini juga terdiri dari jumlah petugas kloter 5 orang dan petugas haji daerah 2 orang. Dari 360 jemaah ini juga sebanyak 20 persennya adalah jemaah lanjut usia (lansia),” katanya pada wartawan.

Baca juga: Bupati Tepung Tawari 750 Jemaah Calon Haji Deli Serdang, Kloter 2 Berangkat 24 Mei 2023

Menurutnya untuk persiapan kloter pertama tidak ada masalah. Baik secara fasilitas, gedung dan petugas. “Alhamdulillah semuanya sudah ready,” imbuhnya.

Disebutkan Zulpan, dari 8.328 calon jemaah haji asal Sumut di musim haji tahun ini ada sebanyak 416 orang yang sudah lansia.

“lansia ini rata-rata di atas 80 tahun usianya dan yang paling tua usia 99 tahun sedangkan yang termuda usia 19 tahun,” pungkasnya.

Baca juga: Kemenag: 24.276 Calon Jamaah Haji yang Belum Lunasi BIPIH Dialihkan

Kepada calon jemaah haji asal Madina, Zulpan mengatakan bahwa sistem penerimaan jemaah haji berbeda dari tahun tahun sebelumnya.

“Tahun ini kami melayani bapak/ibu calon jemaah haji dalam beberapa pelayanan dengan waktu beberapa jam selesai. Nah, setelah itu bapak/ibu bisa beristirahat. Tidak ada lagi kegiatan. Mulai dari pemeriksaan kesehatan, lalu kami menerima bukti lunas biaya, dan kami akan menyerahkan paspor, visa dan living cost. Setelah ini kami persilahkan istirahat di kamar hotel,” pungkasnya. (Anita/hm21).

Related Articles

Latest Articles