22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Ketua Pengadilan Negeri Medan Dijabat Andreas Setiadi

Medan, MISTAR.ID

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan Setyawan Hartono mengingatkan agar majelis hakim melaksanakan pelayanan prima bagi para pencari keadilan.

“Terlebih PN Medan merupakan salah satu pengadilan yang punya peradilan khusus paling lengkap di Indonesia ditambah beban perkara yang sangat banyak juga. Oleh karena itu, Ketua PN yang baru dilantik diharapkan mampu memaksimalkan segala sumber daya yang ada untuk memastikan PN Medan dapat mencapai kinerja yang diharapkan,” tegas Ketua Pengadilan Tinggi Medan Setyawan Hartono dalam sertijab, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua PN Medan dari pejabat lama Sutio Jumagi Akhirno yang dipromosikan menjadi hakim tinggi pada PT Makassar kepada Andreas Purwantyo Setiadi di gedung PT Medan, Jalan Ngumban Surbakti Medan, Jumat (9/7/21).

Selain itu, Ketua Pengadilan Tinggi juga meminta agar penyelesaian eksekusi terhadap perkara Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) yang diadili PN Medan supaya benar-benar mendapat perhatian khusus oleh Ketua PN Medan yang baru.

Baca Juga:Pengadilan Negeri Medan Tangani 83 Kasus Korupsi Selama 2020

“Ketua PN yang baru harus benar-benar memperhatikan dalam penyelesaiannya. PN Medan harus dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan penyelesaian perkara yang baik dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Sehingga dapat memberikan kepastian hukum kepada pencari keadilan. Dan harus menghapus stigma hukum tajam ke bawah, tumpul ke atas,” tegasnya.

Ketua PT juga mengucapkan terima kasih kepada Sutio Jumagi Akhirno atas dedikasi kinerja dan pengabdiannya selama ini dalam membenahi PN Medan.

Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing menambahkan, selain pelantikan, PT Medan juga menyerahkan sertifikat akreditasi penjaminan mutu kepada PN Medan dan PN Pakam yang diterima langsung ketua pengadilan yang bersangkutan.

“Sertifikat itu sendiri adalah pengakuan terhadap telah berlakunya standar pelayanan pengadilan yang ditetapkan Mahkamah Agung dalam hal ini Direktorat Jendral Badan Peradilan Umum kepada masyarakat,” terangnya.

Baca Juga:Heboh, Data Terdakwa Pemilik Sabu 984 Gram Berbeda di SIPP Pengadilan Negeri Medan

Terkait promosi Sutio Jumagi yang menjabat sebagai hakim tinggi pada PT Makasar, Humas PT Medan menyebut jenjang karir Sutio yang sudah sewajarnya dari Ketua PN Klas 1A khusus menjadi hakim tinggi pada PT Tipe A yakni PT Makassar.

Acara pelantikan itu juga dihadiri Wakil Ketua PT Medan Dr Erwin Mangatas Malau, hakim tinggi, panitera, sekretaris, Wali Kota Medan, Ketua DPRD, Kapolrestabes Medan, Kajari Belawan dan Danlanud Soewondo. Usai dilantik, Ketua PN Medan Andreas P Setiadi langsung ke gedung PN Medan melantik Wakil Ketua PN Medan yang baru, Saut Maruli Tua Pasaribu. Pelantikan digelar di Ruang Cakra PN Medan.

Saut Pasaribu sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Pekan Baru menggantikan Abdul Aziz yang dipromosikan menjabat sebagai Ketua PN Palembang Kelas IA. (amsal/hm12)

Related Articles

Latest Articles