9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Kemenhan Beri Pembekalan Peserta Pendidikan Bela Negara yang Digelar Pemko Medan

Medan, MISTAR.ID

Sebanyak 100 peserta mengikuti pendidikan bela negara yang digelar Pemko Medan melalui Kesbangpol di Hotel Brastagi Cottage, Kabupaten Karo, Kamis (10/11/22).

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari dari tanggal 8 sampai 11 November ini diisi berbagai kegiatan termasuk pembekalan yang disampaikan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia.

Pembekalan diberikan di hari pertama dan hari kedua pendidikan bela negara. Dari Kementerian Pertahanan hadir sebagai narasumber, Kolonel Elisa Octavianus Parsaoran Sibarani.

Baca Juga:30 ASN Pemko Medan Selesai Ikuti Pelatihan Kepemimpinan, Ini Harapan Wali Kota

Peserta yang berasal dari anggota Pramuka, Purna Paskibraka Kota Medan, resimen mahasiswa, unsur partai politik Kota Medan, Karang Taruna, BKPRMI, Dinas Sosial, BPBD Medan, Dinas P2K dan Satpol PP Medan ini mengikuti pembekalan tersebut dengan tekun dan serius.

Peserta yang mengikuti pendidikan bela negara ini diharapkan dapat tumbuh berkembangnya karakter cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Dalam pemaparannya, Kolonel Elisa Octavianus menyampaikan bahwa pentingnya bela negara di era globalisasi demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca Juga:Bobby Nasution Perkenalkan Bangunan Bersejarah Kota Medan ke Perserta Pertemuan IMT-GT GCMC

Menurutnya, bela negara memang tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh kementerian/lembaga termasuk pemerintah daerah.

“Semangat bela negara ini diperlukan bangsa Indonesia guna menghadapi derasnya fenomena dan persaingan mempertahankan eksistensi bangsa dalam era globalisasi yang syarat dengan persaingan ekonomi dan ketergantungan satu dengan yang lain,” kata Kolonel Elisa.

Selain dari Kementerian Pertahanan, turut menjadi narasumber dalam pendidikan bela negara ini Kodim 0205 Karo, Batalyon Infanteri 125 Simbisa, Polrestabes Medan dan Kepala Bidang Badan Kesbangpol Kota Medan.

Sebelumnya, pendidikan bela negara ini dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Kesbangpol Arjuna Sembiring. (rahmad/hm14)

Related Articles

Latest Articles