17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Jelang Perayaan Natal, Polsek Percut Sei Tuan Koordinasi Pengamanan Gereja

Medan | MISTAR.ID – Jelang menyambut hari raya Natal dan tahun baru 2020, personil Polsek Percut Sei Tuan bersama pihak gereja melakukan rapat koordinasi pengamanan gereja di Aula Kantor Camat Percut Sei Tuan, Jumat (06/12/2019)

Dalam rapat koordinasi itu, dihadiri Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol Aris Wibowo yang diwakili Panit Binmas Iptu M Sitanggang dan Kanit Intel Iptu Azis Girsang. Kemudian, Camat Percut Sei Tuan Khairul Azman dan pengurus
Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG ) serta para Pendeta seluruh gereja di Kecamatan Medan Tembung dan Percut Sei Tuan dengan jumlah 60 orang.

Kegiatan yang diawali dengan kata sambutan itu, pihak kepolisian menghimbau kepada para Pendeta dan pengurus gereja agar
memberitahukan ke pihak Kepolisian Sektor Percut Sei Tuan setiap ada kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Tujuannya, agar kegiatan yang dilakukan mendapat pengamanan secara bersama-sama dengan pemuda Gereja dan lingkungan sekitar Gereja.

Kemudian, pihak kepolisian menghimbau kepada pihak Gereja untuk memberikan jadwal kegiatan perayaan Natal dan Tahun baru supaya polisi dapat di Ploting pada sàat kegiatan.

Lantas, pihak kepolisian meminta kepada pengamanan internal dari pemuda gereja bila mana ada jemaat yang dicurigai agar memberitahukan kepada polisi yang melakukan pengamanan secara bersama-sama melakuakan pemeriksaan yang tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Sementara, Camat Percut Sei Tuan Drs Khairul Azman, mengucapkan rasa terimakasihnya atas terlaksanya kegiatan rapat koordinasi sekaligus dirinya dapat bertatap muka langsung dengan para pengurus gereja.

Camat berharap, bagaimana menciptakan ke amanan tidak bisa dari polsek saja. Namun bisa optimal pengamanannya Khairul meminta agar kepada jajaran pemerintahan untuk sama-sama memantau/patroli kegiatan perayaan Natal dan Tahun baru dengan cara kerjasama Muspika untuk sama sama bekerjasama melakukan pengamanan tentunya harapan ini yang diharapkan Pak Bupati agar dibentuknya Tim di kecamatan.

Itu merupakan visi dari Bupati Deli serdang, adanya masyarakat yang Relijius yang taat beragama agar tercipta situasi kondusif dalam terlaksananya kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Senada, Pendeta Antoni J Sihombing pada saat Gereja akan melaksanakan kegiatan pihak kepolsian belum datang apakah pihaknya akan tetap melaksanaakan kegiatan tersebut.

Dikatakannya, apakah pihak gereja memberikan uang kepada pihak pengamanan (polisi) setiap melakukan penjagaan Gereja. Pihaknya tahu bahwa pengamanan dari kepolisian minim dan tidak semua Gereja yang dapat di Ploting Pengamanannya secara langsung.

Kepada pihak ke polisian Pendeta Antoni J, meminta agar memberikan nomor telpon yang dapat dihubungi.

Menanggapi dan menjawab pertanyaan dari Pendeta itu, Kanit Binmas Iptu M.Sitanggang mewakiki Kapolsek Percut Sei Tuan menjelaskan bahwa pihaknya menyarankan supaya jadwal kegiatan Gereja diberitahukan. Supaya waktu pelaksanaannya tepat waktu.

“Pihak kepolsian tidak pernah berharap diberi uang pengamanan kegiatan Perayaaan Natal dan Tahun Baru. Kita juga sudah memberitahukan nomor kontak handphone (HP) Kapolsek juga Kanit Intel Polsek Percut Sei Tuan kepada pengurus gereja yang hadir,”jelasnya

Reporter: Hendra Tanjung
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles