13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban di Medan Turun 50%

Medan, MISTAR.ID

Sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 permintaan hewan kurban di Medan masih menurun hingga 50% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Menurut pengakuan pedagang hewan kurban masalah ekonomi di pandemi Covid-19 menjadi pemicunya.

Seperti yang dikatakan Tri Sudibyo, peternak domba dan kambing di Jalan Jamin Ginting Desa Pertampilen Gang Ketaren Kecamatan Pancur Batu Deli Serdang. Meski menurun permintaan tetap ada.

“Hingga hari ini sudah ada 40 ekor domba yang laku terjual dari 86 stok yang kita sediakan. Karena memang jenis domba yang paling diminati, tapi kita tetap menyediakan beberapa kambing juga,” sebutnya pada Mistar, Rabu (14/7/21).

Baca juga: Permintaan Hewan Kurban Diprediksi Turun 10 Persen

Diungkapkan Tri, permintaan akan melonjak mendekati hari H seperti tiga hari menjelang Lebaran. Dikatakannya lagi, permintaan saat ini belum seperti dua tahun lalu, sebelum pandemi Covid-19. Namun dibandingkan tahun lalu, dengan posisi yang sama mengalami kenaikan sekira 10%.

“Konsumen juga banyak orang baru. Sudah dua tahun ini langganan kita sebagian ada yang gak ambil. Mungkin karena faktor ekonomi di masa pandemi juga. Kalau masalah harga domba dan kambing masih standar, hanya saja ada kenaikan Rp50.000 hingga Rp100.000 per ekor. Sebagai imbas dari kenaikan harga pakan juga karyawan,” jelasnya.

Adapun harga, dibandrol bervariasi mulai Rp1,5 juta hingga Rp3 juta per ekor tergantung berat dan jenisnya. “Sampai sekarang saya masih terus promosi melalui online seperti WA. Insya Allah ada saja pembeli,” imbuhnya.

Hal yang sama dikatakan Iwan pedagang hewan kurban di Jalan Karya Darma Ujung, Pangkalan Mahsyur, Medan Johor, mengaku permintaan hewan kurban tahun ini untuk kambing maupun lembu mengalami penurunan drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Adapun untuk harga hewan kurban yang dijajakannya untuk hewan sapi atau lembu berkisar Rp13,7 juta sampai Rp15 juta dengan berat badan mulai dari 75 kg hingga 90 kg. Sedangkan untuk kambing mulai harga Rp2 juta hingga Rp5 juta an sesuai dengan berat dan jenis kambing.

Baca juga: MUI Siantar: Sembelih Hewan Kurban di Masa Covid-19 Harus Prokes Ketat

Iwan mengaku pemesanan hewan kurban tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana jika tahun sebelumnya untuk sapi di atas 20 ekor, untuk tahun ini masih di bawah 20 ekor. Begitu juga dengan kambing.

Terpisah, pedagang hewan kurban di Jalan Avros Kampung Baru Medan, yang setiap tahunnya melayani pembelian hewan kurban jenis lembu mengaku sepekan mendekati Idul Adha masih menjual sekitar 20 ekor lembu.

“Biasanya sudah terjual sekitar 60 ekor lembu. Tahun ini benar-benar sangat turun permintaan hewan kurban. Tahun ini juga hanya menyediakan sekitar 70 ekor lembu saja tidak ada menambah stok lagi,” sebut Solahuddin Lubis.

Sementara itu, untuk harga tidak mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Lembu yang memiliki berat 50 kilogram dibanderol Rp11 juta, lembu dengan bobot 60 kilogram berkisar Rp13 juta, sedangkan lembu dengan bobot 200 kilogram dibanderol berkisar Rp35 juta. “Kalau untuk harga masih bisa kita kurangilah,” pungkasnya. (anita/hm09)

Related Articles

Latest Articles