17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Hewan Peliharaan Divaksin Massal PDHI Cabang Sumut

Medan, MISTAR.ID

Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Sumatera Utara (Sumut) menggelar vaksin massal untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Kota Medan, Kamis (28/9/23).

Vaksin massal yang digelar ini untuk memperingati atau memeriahkan “World Rabies Day 2023- Rabies: All for one, One Health for All”.

Dikatakan Ketua PDHI Sumut. Drh Chalikul Bahri, pihaknya sejak tanggal 26 September telah menggelar beberapa kegiatan mulai dari sosialisasi rabies untuk pelajar di Sekolah Taman Siswa Medan dari TK, SD, SMP dan SLTA yang berkolaborasi dengan Yayasan Taman Siswa Medan.

Baca juga : Ketua PDHI Sumut: Hewan Peliharaan Adalah Bagian dari Keluarga

Lalu, vaksinasi rabies massal gratis yang digelar di Puskeswan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang berkolaborasi dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut.

“Hari ini vaksinasi rabies massal gratis yang berkolaborasi dengan Yayasan Taman Siswa Medan pada di SMA Taman Siswa. Lalu, vaksinasi rabies massal gratis yang berkolaborasi bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Balai Veteriner Medan, Balai Karantina Pertanian Medan, Pemko Medan dan Pemkab Deli Serdang, pada tanggal 4 Oktober nanti di UPT Klinik Dinas Peternakan dan Perkebunan Provinsi Sumut Jalan Gatot Subroto No 255-A, Lalang Kecamatan Medan Sunggal,” terangnya.

Baca juga : Mencegah Rabies Hanya Dapat Dilakukan Dengan Memvaksin Hewan Peliharaan Secara Rutin

Selain itu, ada juga vaksinasi rabies massal gratis bersama yang dilakukan serentak oleh seluruh praktisi dokter hewan, baik di Klinik Hewan atau Pemerintahan se-Sumatera Utara, yang dimulai pada tanggal 29 September hingga tanggal 07 Oktober 2023, di seluruh Sumut.

Diketahui rabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh genus Lyssavirus yang dapat menyerang mamalia dan beberapa hewan lainnya.

Related Articles

Latest Articles