27.5 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Harus Tahu! Ini Peran Akademisi Dalam Konservasi Lingkungan

Medan, MISTAR.ID

Akademisi memiliki peran yang sangat penting dalam konservasi atau melestarikan lingkungan, melalui pendidikan dan pengajaran.

Hal ini disampaikan oleh Akademisi Ilmu Komunikasi USU, Prof Lusiana A Lubis saat pemaparan materi dalam kegiatan seminar interaksi negatif manusia-satwa di Ruang Teater FISIP USU, Senin (27/5/24) sore.

Prof Lusiana mengatakan bahwa peranan akademisi dalam konservasi ini dengan mengintegrasikan isu-isu lingkungan pada kurikulum dan mata kuliah.

Baca juga: Inalum Inisiasi Konservasi Lingkungan Danau Toba

“Jadi kami mengajarkan konsep dan praktik konservasi pada mahasiswa serta mendorong mereka untuk berpikir kritis tentang masalah lingkungan,” sampainya.

Selain itu Prof Lusiana yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Komunikasi Seluruh Indonesia (ISKI) Sumut menyampaikan peran lainnya yakni berupa partisipasi dalam komite dan panel konsultatif untuk memberikan nasehat berbasis ilmiah kepada pemerintah dan organisasi non-pemerintah.

“Selain itu kami juga mengadvokasi kebijakan lingkungan yang lebih baik melalui keterlibatan  dalam proses legislasi dan pengambilan keputusan,” ungkapnya. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles