9.4 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Hari Kesaktian Pancasila, Pj Gubernur Sumut Ajak Generasi Muda Tidak Lupa Sejarah

Simalungun, MISTAR.ID

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 Pj Gubernur Sumut Hassanudin menghimbau generasi muda agar tidak melupakan sejarah.

“Pada hari ini kita dan seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila, tadi sebagaimana ikrar yang dibacakan Wakil Ketua DPRD Sumut (Harun Mustafa Nasution) bahwa bangsa kita sejak merdeka, mengalami gangguan tentang kesatuan pancasila,” ujar Hassanudin di Lapangan Tugu Letnan Sujono, Bandar Betsy, Minggu (1/10/23).

Dia juga mengatakan agar seluruh masyarakat selalu waspada dan tidak terlena dan tetap mempertahankan kesatuan Pancasila.

Baca Juga: Kapolres Simalungun: Peringati Hari Kesaktian Pancasila Bentuk Cinta Tanah Air

“Oleh karena itu kita bertekat untuk selalu waspada, kita jangan mudah terlena dan terbuai dengan situasi,” imbuhnya.

Selain itu, Hassanudin juga mengajak seluruh generasi muda agar mengetahui sejarah dan tidak melupakannya.

“Mari kita mengetahui, dan kita tidak boleh melupakan sejarah demi merekatkan keharmonian dalam keragaman bangsa Indonesia dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutupnya.

Hassanudin yang menjadi inspektur upacara membacakan teks Pancasila yang diikuti seluruh peserta upacara yang terdiri dari pegawai pemerintahan, pimpinan BUMD, pelajar, mahasiswa, organisasi masyarakat, TNI dan Polri, serta masyarakat setempat.

Baca Juga: Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pj Gubernur Hassanudin Berikan Tali Asih ke Keluarga Letda Sujono

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan di Lapangan Tugu Letnan Dua  Sujono, Bandar Betsi, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun dimulai sekira pukul 09.30 Wib.

Setelah upacara selesai, panitia acara juga mempertontonkan fragmen G30SPKI yang disaksikan ratusan warga. Sebelum mengakhiri kegiatan, terlihat para penari yang membawakan 8 tarian etnis di Sumut. (Indra/hm22)

Related Articles

Latest Articles