17.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Hari Ini, BMKG Deteksi 7 Titik Panas di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mendeteksi tujuh titik panas (hotspot) yang tersebar di beberapa titik di wilayah Sumatera Utara (Sumut), Senin (15/5/23).

Prakirawan BMKG wilayah I Medan, Utami Al Khairiyah mengatakan tujuh titik panas itu masing-masing tiga titik berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Padang Lawas Utara (Paluta). “Kemudian satu titik terdeteksi di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng),” ujarnya.

Utami mengatakan meski terdapat titik panas, namun beberapa wilayah di Sumut diprediksi akan diguyur hujan. Sore nanti hujan diprediksi akan terjadi di Kepulauan Nias, Langkat, Karo, Samosir hingga Simalungun. “Termasuk Pematang Siantar, Dairi, Toba, Asahan, Labura dan Tapanuli Utara (Taput),” sebutnya.

Baca juga : BMKG Prediksikan Banda Aceh Cerah Berawan, Medan Hujan

Malam hari Sumut cenderung berawan. Namun, hujan ringan berpeluang terjadi di Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Karo, Simalungun, Asahan, Batubara, Labura dan Pematang Siantar.

“Hujan juga berpotensi terjadi di Sergai, Tanjung Balai, Labuhanbatu dan Labusel. Untuk dini hari nanti, Sumut cenderung berawan,” ucapnya.

Utami menyebutkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 34.0⁰C. Kelembaban udara 60 – 95%, sementara angin yang bertiup dari barat laut ke tenggara berkekuatan 10 – 30 km/jam. “Tidak ada peringatan dini hujan lebat di Sumut yang dikeluarkan hari ini,” pungkasnya. (ial/hm18)

Related Articles

Latest Articles