16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Dua Hari Kedepan, Cuaca di Sumut Bisa Berubah Tiba-tiba

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan memprediksi perubahan cuaca tiba-tiba di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) khususnya Medan, masih akan terjadi 2 hari kedepan.

Sebagaimana diketahui, beberapa hari ini cuaca di Medan kerap berubah. Siang hingga sore hari panas, namun malam hari hujan disertai angin kencang dan guntur.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG wilayah I Medan Eridawati mengatakan, kondisi ini disebabkan karena terdapat belokan dan pertemuan angin yang memicu pertumbuhan awan hujan.

Baca juga: Akibat Cuaca Buruk, Pesawat Cessna Tabrak Hanggar dan Tewaskan 5 Orang di Polandia

“Alhasil, pada siang hari pemanasan lokal terjadi cukup tinggi, sehingga penguapan yang terjadi tinggi,” ujarnya, Kamis (20/7/23).

Dikatakan Eridawati, hal ini mengakibatkan awan-awan konvektif terjadi intens di wilayah Sumatera Utara yang mengakibatkan hujan terjadi di Sumatera Utara khususnya Kota Medan.

“Kondisi ini masih akan terjadi dalam dua hari kedepan,” sebutnya.

Prakirawan BMKG wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo menambahkan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 16.0 – 33.0⁰ C. Kelembaban udara 65 – 95%, sementara angin yang bertiup dari barat daya ke barat berkekuatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG : Waspada Perubahan Cuaca Tiba-tiba, Guntur dan Angin Kencang

“Untuk malam hari nanti beberapa daerah di Sumut akan diguyur hujan lebat. Diantaranya Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Medan, Humbahas, Pakpak Bharat, Asahan, Pematang Siantar, Toba, Taput, Tapteng dan Madina,” ucapnya.

Kata Aryo, BMKG wilayah I Medan juga mengeluarkan imbauan untuk mewaspadai perubahan cuaca tiba-tiba yaitu hujan sedang hingga lebat yang dapat diiringi guntur dan angin kencang.

“Diprediksi akan terjadi di wilayah pantai timur, lereng timur dan pantai barat Sumut, yang dapat berpotensi mengakibatkan genangan air, banjir dan bencana hidrometeorologis lainnya,” pungkasnya. (ial/hm17)

Related Articles

Latest Articles