23.8 C
New York
Monday, July 15, 2024

DPRD Medan Minta KPU Pastikan Data Pemilih Pilkada Serentak 2024 Memang Akurat

“Berdasarkan PKPU No 6 tahun 2024, saat ini tahapan yang dilakukan adalah pencocokan dan penelitian (coklit). Dalam Pilkada serentak di Kota Medan ada 3.318 TPS dengan jumlah Pantarlih yang dilantik sebanyak 6.607 orang. Nantinya Pantarlih akan mendata 1.815.921 Data Penduduk Potensial Pemilih (DP4) yang mau dicoklit, dan per tanggal 9 Juli ini proses coklit sudah mencapai 43 persen,” jelasnya.

Dikatakannya, KPU Medan tetap melakukan monitoring dengan meminta seluruh jajaran melakukan coklit sesuai dengan ketentuan dan tepat waktu.

“Kalau bisa pada tanggal 20 Juli nanti sudah selesai coklit, kemudian kita lakukan evaluasi. Dalam tahapan coklit, kita juga telah melakukan rapat koordinasi khususnya dengan pihak Lapas dan Disdukcapil,” katanya.

Baca juga : Dana Pilkada Serentak Tuntas, Ketua DPRD Sumut Ajak Stakeholder Perkuat Koordinasi

Taufiq menyampaikan strategi dalam pemutakhiran data pemilih, KPU Medan melakukan berdasarkan DP4 dari Kemendagri melalui Dirjen Kependudukan.

“Hanya saja, apabila data pemilih yang sudah meninggal tidak didampingi data atau bukti dari instansi terkait dan dilampirkan pihak keluarga, maka nama pemilih tersebut tidak bisa dikeluarkan pak. Namun, saat pembagian C pemberitahuan tetap akan kita beritahukan kalau nama tersebut sudah meninggal,” tambahnya. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles