12.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Ditlantas Poldasu Latih 177 Sopir Cegah Covid-19

Medan. MISTAR.ID

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut menggelar Program Keselamatan 2020 dengan cara memberi pelatihan kepada para supir umum guna pencegahan Covid-19 dan keselamatan berlalulintas. “Sedikitnya 177 pengemudi kendaraan mengikuti pelatihan ini,” kata Dirlantas Polda Sumut Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, Sabtu (18/4/20).

Ia mengatakan pelatihan yang dilaksanakan Ditlantas Poldasu ini dilakukan di kawasan terminal dan pool kendaraan yang ada di Kota Medan. Sedangkan untuk Polres jajaran, kata pria dengan melati tiga di pundaknya ini, dilakukan di terminal dan pool kendaraan sesuai wilayah masing-masing.

Kemas mengaku, kegiatan ini sesuai arahan Presiden RI melalui Korlantas Polri untuk memberikan pelatihan kepada para pengemudi kendaraan terkait keselamatan berlalulintas serta pencegahan penyebaran dan penularan virus Corona.

Pelatihan ini, akunya, dijadwalkan secara otomatis sesuai dengan ketentuan dari masing-masing Polda dengan tahapan yang sudah ditentukan. Tahap I dilakukan pada 15 April sampai 15 Mei 2020, tahap II dilakukan pada 16 Mei sampai 15 Juni 2020 dan tahap III dilakukan pada 16 Juni sampai 15 Juli 2020.

“Pelaksanaan pelatihan berupa tahap I (bulan pertama) pelatihan safety driving dan safety riding, tahap II (bulan kedua) pelatihan etika berlalulintas dan tahap III (bulan terakhir) pelatihan pencegahan penularan virus corona,” terangnya.

Selain mengadakan pelatihan, kata dia, Presiden RI turut juga memberikan bantuan sosial berupa uang tunai Rp600 ribu per orang selama 3 bulan terhitung April-Juni yang diperuntukan kepada para pengemudi taksi, bus, truk, travel, angkot, ojek konvensional dan kernek diseluruh wilayah Indonesia.

“Untuk Polda Sumut dan Polres jajaran sendiri bantuan sosial tersebut akan diberikan kepada 3.846 orang peserta di setiap bulannya selama 3 bulan berturut turut,” ungkapnya.

Adapun bantuan sosial yang berupa uang tersebut akan dimasukan ke dalam tabungan BRI dan kartu ATM serta akan diserahkan langsung kepada para peserta di lokasi pelatihan sesaat setelah giat pelatihan dimaksud berakhir.

Penulis : Saut

Editor : Jelita Damanik

Related Articles

Latest Articles