11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Dinas Koperasi Sumut Dorong Daya Saing Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Provinsi  Sumut Naslindo Sirait mencetus strategi ambisius “UMKM Hebat” dalam upaya meningkatkan daya saing Koperasi dan UMKM di Sumut.

Ia mengungkapkan pesan kunci dari strategi ini adalah menghadirkan inovasi dan kolaborasi sebagai pendorong utama.

“Kami fokus pada penguatan legalitas, peningkatan kualitas melalui pelatihan dan inkubator bisnis, serta dorongan kuat pada kehadiran digital,” ujarnya pada temu pers di Kantor Gubernur Sumut, Medan, Selasa (5/12/2023).

Strategi “UMKM Hebat” mencakup langkah-langkah konkret, mulai dari penguatan legalitas usaha dengan memandu UMKM menuju sektor formal hingga pelatihan dan inkubator bisnis untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengusaha lokal.

Baca juga: Dampak Positif Pemilu Bagi Omzet UMKM

“Inovasi melalui teknologi digital menjadi sorotan utama. Kami luncurkan layanan #GoDigital PLUT untuk mempercepat transformasi digital UMKM,” tambah Naslindo.

Dalam mengatasi tantangan, seperti hanya 5400-an yang aktif dari 13.208 koperasi, dan kompleksitas lebih dari 1.7 juta UMKM di Sumut, strategi ini menekankan sinergi lintas sektor sebagai kunci keberhasilan. Pihaknya mengajak pemerintah, perguruan tinggi, perbankan, BUMN/BUMD, swasta, dan LSM untuk bergandengan tangan membentuk ekosistem usaha yang sehat.

“Regulasi yang mendukung, edukasi, serta dukungan permodalan yang kuat akan membantu mewujudkan UMKM yang lebih hebat,” pungkas Naslindo. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles