8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

Cegah Stunting, Dinkes Medan Intensifkan Upaya dengan Intervensi Serentak di Posyandu

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan penimbangan dan pengukuran, tetapi juga intervensi spesifik seperti pemberian makanan tambahan dan rujukan.

“Kami juga melakukan sistem jemput bola untuk memastikan tidak ada yang terlewat, bekerja sama dengan pemerintah setempat, Kepling dan kelurahan,” jelas dr Taufik.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, dr Helena Rugun Nainggolan, MKT menambahkan beberapa kecamatan di Kota Medan sudah mencapai nol kasus stunting.

Baca juga : Begini Tindak Lanjut Penanganan Stunting di Medan

“Ada beberapa kecamatan yang tidak memiliki kasus stunting sama sekali. Saat ini, di seluruh Kota Medan hanya ada 208 kasus stunting dari populasi sekitar 2,5 juta orang,” sebutnya.

dr Helena juga menyampaikan pada tahun 2020, angka stunting di Medan mencapai 19,9% berdasarkan data SSGI, namun telah menurun menjadi 5,8% pada akhir tahun 2023.
“Kami terus berupaya untuk menurunkan angka stunting hingga nol,” tambahnya.

Kegiatan ini menunjukkan komitmen Kota Medan dalam mendukung target nasional untuk menurunkan angka stunting di bawah 14%.

Dengan intervensi yang terus dilakukan, diharapkan risiko stunting dapat diminimalkan, memastikan generasi yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan. (anita/hm18)

Related Articles

Latest Articles