17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Bersama CKC Organizer Tingkatkan Team Work Melalui Outbound

Medan, MISTAR.ID

Kesadaran terhadap manfaat outbound dalam meningatkan team work di Sumatera Utara sepertinya terus meningkat. Hal itu disampaikan Direktur Chandra Karya Cipta (CKC) Organizer, Chandra Syarif saat berbincang dengan Wartawan, Minggu (26/2/23).

Dijelaskannya, sejak berdiri pada tahun 2015, CKC Organizer sudah menjadi fasilitator outbound bagi ratusan perusahaan dan instansi pemerintah yang ada di Sumatera Utara diantaranya, BBPPMV BBL MEDAN, Bagian Kerjasama Pemko Medan, PT Wika Beton WP 1, Dinas Perumahan Kawasan

Pemukiman dan Penataan Ruang Kota Medan, PT Industry Nabati Lestari, PT Permodalan Nasional Madani Regional Medan 3, LAPAS Narkotika Pematang Siantar, Dinas Sosial Kabupaten Batubara, KPU

Baca Juga: KPUD Sumut Pastikan Proses Coklit yang Dilakukan Petugas Pantarlih Sudah Selesai 30 Persen

Kabupaten Asahan, PT Inpola Meka Energy dan Dinas Kominfo Kota Binjai . Disebutnya, hampir seluruh customer CKC Organizer, bertujuan meningkatkan kekompakan.

“Memang dalam setiap game outbound yang kita fasilitasi, kita mengemas game sedemikian rupa agar peserta dapat berfikir sistematis sehingga mampu menyelesaikan permainan secara bersama-sama dengan kelompoknya dan tentunya dengan cara yang sportif,” ungkap Chandra.

Bahkan, diakui Chandra tidak jarang melalui kegiatan outbound yang difasilitasi pihaknya, dapat memperbaiki hubungan yang sudah lama rusak. Dikatakannya, biasanya hal itu juga berdasarkan informasi dan permintaan perusahaan yang menjadi customer CKC Organizer.

Baca Juga: Biaya Kompetensi dan Outbound Guru PPPK di Deli Serdang Rp1 Juta Per Orang

“Biasanya customer request agar si A dan si B dibuat dalam satu kelompok karena hubungan keduanya kurang baik sehingga berpengaruh terhadap pekerjaan. Oleh karena itu, kita dituntut membuat satu game agar si A dan si B harus bekerjasama dalam menyelesaikan misi. Saat moment seperti itu, secara spontan si A dan si B akan berbaikan,” sambung Chandra.

Disinggung soal game yang sampai dapat memaksa harus bekerjasama dalam tim, Chandara menyebut dalam setiap game yang ada dalam outbound, merupakan game yang memacu adrenalin seperti, night train, building pyramid, the ring, rafting dan paintball. Oleh karena itu, akan muncul semangat, motivasi dan komitmen bagi masing-masing anggota kelompok.

“Harapannya, semangat, motivasi dan komitmen yang tumbuh pada seluruh peserta dapat terus tumbuh sampai ke dunia kerja. Dengan begitu, kita selaku fasilitator mengharapkan tumbuhnya etos kerja yang lebih baik lagi di instansi pemerintah ataupun perusahaan yang telah mengikuti outbound yang kita fasilitasi,” tambah Chandra.

Baca Juga: Anak Kecanduan Main Game, Begini Cara Mengatasinya

Sebelum mengakhiri, Chandra menjelaskan awal berdirinya CKC Organizer. Disebutnya, pada tahun 2011, dirinya bersama sejumlah rekan Mahasiswa Pecinta Alam membuat sebuat komunitas outbound. Seiring waktu, pihaknya bekerjasama dengan sebuah perusahaan outbound hingga akhirnya dirinya bersama sejumlah rekan Mapala nya, sepakat mendirikian perusahaan outbound pada tahun 2015.

“Oleh karena itu, Insya Allah kita optimis dengan tingkat keselamatan dari pelayanan kita. Begitu juga dengan personil kita, Insya Allah sudah terlatih dan berpengalaman serta ada yang sudah bersertifikat, “ tandas Chandra mengakhiri.

Terpisah, seorang Psikolog dari Universitas Medan Area (UMA) Lisa Aprianti S.Psi yang dimintai tanggapan terhadap manfaat outbound dalam meningkatkan team work mengatakan dalam setiap permainan yang ada di outbound, terdapat edukasi bagi para peserta, sehingga akan tercipta character building. Dengan begitu, disebutnya akan terbentuk keinginan untuk lebih produktif dari para peserta outbound tersebut.

“ Dalam setiap organisasi pasti ada gab yang berdampak pada produktifitas. Melalui outbound, diharapkan bagaimana intrik dan gab dapat terselesaikan dengan baik karena komunikasi yang tertutup, akan menjadi lebih terbuka,” ungkap Lisa.(Rahmad/hm02)

 

Related Articles

Latest Articles