13.7 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Belanda Ingin Kerjasama Agrikultur dengan Sumut

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Belanda ingin menjalin kerja sama bisnis ekonomi pertanian dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, dan pemerintah kabupaten/kota. Hal ini ditandai dengan kunjungan utusan Duta Besar (Dubes) Belanda di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Selasa (26/10/21).

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pembicaraan kedua belah pihak. Pertama, pemerintah Belanda ingin menjalin bisnis ekonomi untuk agrikultur, atau hasil pertanian di Sumut dan kabupaten/kota.

Baca Juga:Merger OPD Pemprovsu Efektif 2022

Juga ada topik soal energi, dan juga manajemen pengelolaan sampah. “Mereka sudah melihat di Indonesia ada khususnya di Sumut seperti, di Humbahas dan beberapa kabupaten kota. Mereka tertarik untuk bisa bekerja sama, untuk bisa masuk pasar ke Eropa hasil-hasil dari pertanian kita,” katanya.

Musa mengatakan, Belanda juga melihat perkembangan potensi UKM di Sumut untuk bisa ditawarkan ke pasar internasional yang ada di Eropa. “Dan juga untuk mendorong UKM-UKM kita, supaya bisa masuk pasar internasional, khususnya Eropa,” katanya.

Baca Juga:Pemprovsu Anggarkan Rp10,5 M Revitalisasi Mesjid Azizi dan Makam Amir Hamzah

Keinginan kerja sama itu pun kemudian disambut baik oleh Pemprov Sumut. Harapannya, bila kerja sama tersebut bisa terealisasi, tentunya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Terlebih pandemi Covid-19, berimbas terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk Sumut.

“Jadi kita ya cukup senang. Karena suasana pandemi Covid-19 kan secara ekonomi kita menurun ya. Tapi di Sumut karena kita banyak perkebunan, pertanian itu tak terlampau jatuh seperti daerah industri lain di provinsi lain. Kita menyambut baik dan kita mendukung dan meminta segera agar ini bisa terlaksana,” ungkapnya.(iskandar/hm10)

Related Articles

Latest Articles