15.8 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Banjir di Handayani Tak Kunjung Teratasi, BPBD Siantar Sibuk Kuras Air Saat Hujan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pematang Siantar selalu disibukkan dengan genangan air atau banjir, yang selalu terjadi di Jalan Handayani, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kota Pematang Siantar.

Setiap hujan deras, aktivitas penyedotan air di Jalan Handayani menjadi rutinitas pihak BPBD, karena sampai saat ini pihak PUTR Kota Pematang Siantar, belum juga dapat mengatasi banjir di lokasi tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pematang Siantar Agustina Sihombing, melalui Analis Kebencanaan Anugerah TB Zendrato mengatakan, sebenarnya aktivitas pengurasan air dengan menggunakan pompa dan melibatkan personil BPBD bukan lah solusi yang tepat.

Menurutnya, rutunitas tersebut terlalu memakan waktu dan tenaga, padahal bisa saja pembangunan direalisasikan, dan banjir di Jalan Handayani bisa diatasi secara permanen.

“Itu lah saat ini kendala kita, banjir di Handayani menjadi rutinitas, kan tidak mungkin juga setiap hari kita di situ, apalagi saat ini intensitas hujan tinggi” ujar Zendrato, Selasa (17/10/23).

“Semalam kita juga melakukan penyedotan, untuk menguras air dengan menggunakan pompa,” timpalnya.

Baca Juga : Dampak Tak Ada Saluran Pembuangan, Jalan Handayani Bah Kapul Siantar Selalu Banjir

Untuk diketahui, Dinas PUTR Kota Pematang Siantar telah berjanji membangun dan membuat saluran pembuangan air di lokasi tersebut, namun sampai hari ini janji tersebut belum terealisasi.

Salah seorang warga Boru Pasaribu berharap, agar solusi dalam mengatasi banjir di Jalan Handayani bisa segera direalisasikan oleh Pemerintah, dalam hal ini Dinas PUTR Kota Pematang Siantar.

Sebelumnya, Lurah Kelurahan Bahkapul Zulkifli Damanik mengakui bahwa pihaknya telah mengajukan pembangunan irigasi di lokasi yang selalu banjir, namun belum mengetahui kepastian realisasi pengajuan tersebut. Hingga berita ini dikirimkan ke redaksi, Kepala Dinas PUTR Kota Pematang Siantar belum memberikan respon atas konfirmasi yang dilayangkan. (roland/hm24)

Related Articles

Latest Articles