16.4 C
New York
Friday, May 10, 2024

Antisipasi Banjir, Dewan Imbau Masyarakat Tak Buang Sampah Sembarangan

Medan, MISTAR.ID

Guna mencegah terjadinya banjir, anggota Komisi IV DPRD Medan Dedy Aksyari Nasution mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kebersihan dan membuang sampah sembarangan.

Sebab, pengerjaan drainase yang saat ini berlangsung tidak akan berjalan maksimal jika masyarakat masih saja membuang sampah sembarangan, terutama ke saluran drainase.

“Saat ini memasuki musim penghujan, saluran drainase harus benar-benar berjalan dengan baik. Jika masyarakat tidak tertib, drainase yang saat ini dibenahi  tidak akan berfungsi dengan baik dan menimbulkan genangan air,” ucap Dedy, Selasa (12/9/23).

Dedy menyebut, pengerjaan drainase yang saat ini tengah dikebut Pemko Medan harus didukung. Sebab, drainase tersebut nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat luas, terutama di musim penghujan.

Baca juga: Atasi Banjir di Desa Tembung, Mahasiswa KKN Unimed Terapkan Sistem Biopori

“Bentuk dukungannya dengan menjaga apa yang telah dikerjakan Pemko Medan. Seperti saluran drainase, mari sama-sama kita awasi agar tidak ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Sebab jika drainase tersumbat, sudah pasti akan banjir. Pengerjaan yang dilakukan pun menjadi sia-sia,” katanya.

Tak hanya itu, sambung Dedy, banyaknya sampah berserakan dan menumpuk juga dapat merusak estetika kota.

“Ketika selesai hujan, sering kita melihat sampah-sampah bertumpukan. Itu menandakan bahwa masyarakat masih abai terhadap kebersihan. Saya harap masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya sehingga banjir bisa diatasi,” harapnya.

Politisi Gerindra ini juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai agar selalu waspada mengingat hujan dengan intensitas lebat sering turun di Kota Medan.

Baca juga: Solusi Tangani Banjir, BPBD Simalungun Sarankan Beberapa Hal

“Terus ikuti perkembangan perubahan cuaca dari BMKG dan peringatan Pemerintah. Bila banjir segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” tutupnya. (Rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles