15.9 C
New York
Thursday, May 16, 2024

6 Kru Kapal dari India Diisolasi di Medan

Medan, MISTAR.ID
Enam orang kru kapal dari India yang bersandar di Sumatera Utara, harus diisolasi di Rumah Sakit Royal Prima Medan karena hasil pemeriksaan swabnya terkonfirmasi Covid-19. Hal ini dilakukan Guna mengantisipasi masuknya varian Covid-19 omicorn ke Sumut.

“Keenamnya saat ini sudah dirawat di RS Royal Prima Medan. Hasil pemeriksaan swab mereka positif Covid-19,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Aris Yudariansyah, Selasa (18/1/22).

Aris menjelaskan, hasil swab keenamnya sudah dikirim ke BTKLPP Medan untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium guna dilakukan pemeriksaan terhadap S-gene Target Failure (SGTF) maupun Whole Genome Sequencing (WGS). Hal ini untuk memastikan, apakah varian Covid-19 yang menginfeksi keenamnya merupakan varian omicorn atau tidak.

Baca juga:Prancis Pangkas Isolasi Corona Jadi 7 Hari

“Jadi belum bisa kita pastikan apakah mereka (terkena) omicorn atau tidak,” jelasnya.

Disinggung mengenai kondisi terkini keenam kru kapal, Aris mengaku belum mendapatkan informasi lanjut. Namun karena belum ada laporan, imbuh Aris, bisa saja keenam pasien saat ini dalam kondisi baik.

“Coba cek ke Royal Prima, sepertinya (kondisinya) ringan,” sebutnya.

Aris menerangkan, pemeriksaan yang dilakukan terhadap keenam kru kapal ini dilakukan pada Senin (17/1/22) pukul 11.00 WIB dengan hasil yang didapatkan pada pukul 17.00 WIB. Sebelumnya kapal mereka bersandar ke Sumut pada Jumat (14/1/22) setelah sebelumnya melakukan perjalanan dari India.

Baca juga:Cegah Omicron, Gubsu Ingatkan Kepala Daerah Antisipasi Masuknya WNA Ilegal

“Untuk itu kepada masyarakat kami minta agar tidak panik dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, capaian vaksin booster atau dosis ketiga di Sumut pada Senin (17/1/22), untuk lanjut usia (Lansia) sebanyak 781 orang.

Capaian vaksin booster untuk pejabat publik sebanyak 184 orang dan masyarkat umum sebanyak 6102 orang. (saut/hm06)

Related Articles

Latest Articles