17.6 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

50 Napi Tipikor Termasuk Mantan Wali Kota Medan Divaksin

Medan, MISTAR.ID

Kakanwil Kemenkumham Sumut Imam Suyudi bersama Kapoldasu Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak meninjau pelaksanaan vaksinasi tahap 1 bagi warga binaan Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan.

Kedatangan Kakanwil Kemenkumham Sumut dan Kapoldasu langsung disambut Plh Kadiv Pas Kemenkumham Sumut yang juga Kalapas Klas I Tanjung Gusta Erwedi Supriyatno, Senin (23/8/21) siang.

Dalam kunjungan tersebut, Kapoldasu berpesan kepada warga binaan meski telah divaksin namun tetap melaksanakan protokol kesehatan. Yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Baca Juga:Kapolda Sumut Tinjau Progam Vaksinasi Merdeka di Polres Sergai

Erwedi Supriyatno kepada wartawan menyatakan, pelaksanaan vaksinasi merupakan bantuan dan perhatian dari Kapoldasu.

“Ini merupakan janji beliau saat Kakanwil Kemenkumham Sumut bersilaturahmi dengan Kapoldasu,” ucap Erwedi.

Saat ditanya tentang 30.341 warga binaan baik napi maupun tahanan yang menghuni lapas dan rutan yang belum divaksin? Erwedi menegaskan bahwa Kapoldasu telah menginstruksikan agar Polres yang ada di kabupaten/kota untuk berkoordinasi guna melaksanakan vaksinasi.

Baca Juga:KPK Eksekusi 1.064 Koruptor Sepanjang 2004–Juni 2019

“Saat ini karena keterbatasan vaksin maka terealisasi baru 1.000 orang warga binaan untuk Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan dan 1.000 orang untuk Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan,” katanya sembari menegaskan untuk vaksinasi tahap dua Kapoldasu berjanji akan memprioritaskannya.

Erwedi menegaskan dari 1.000 orang warga binaan ada 50 orang napi tipikor yang menjalani vaksinasi termasuk mantan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Harapannya dengan pelaksanaan vaksinasi ini dapat menjaga imunitas tubuh warga binaan, sembari tetap melaksanakan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 sesama warga binaan.

Baca Juga:51 Napi Korupsi di Lapas Sukamiskin Positif Covid-19

Dikatakanya juga, untuk jumlah warga binaan Klas I Tanjung Gusta Medan dihuni 3.141 orang yang seyogyanya dihuni 1.500 orang.

Dari pantauan wartawan, tampak warga binaan antusias melaksanakan vaksinasi kerja sama Divpas Kanwil Kemenkumham dan Polda Sumut.

Usai meninjau pelaksanaan, Kakanwil Kemenkumham Imam Suyudi bersama Kapoldasu Irjen Panca Putra bersama PJU kedua lembaga melanjutkan peninjauan vaksinasi di Rutan Klas I Tanjung Gusta Medan. (amsal/hm14)

Related Articles

Latest Articles