11.2 C
New York
Monday, May 6, 2024

WHO Luncurkan Portal Data Global tentang Kesehatan dan Kesejahteraan Lansia

Jenewa , MISTAR.ID

Pada Hari Lansia Internasional, 1 Oktober 2020, WHO meluncurkan portal data pertama yang menyatukan data di satu tempat tentang indikator global untuk memantau kesehatan dan kesejahteraan orang yang berusia 60 tahun ke atas.

Data disertakan untuk indikator seperti: persentase lansia berusia 60 tahun ke atas; harapan hidup sehat pada usia 60; penyebab utama kematian pada orang tua; prevalensi gangguan umum seperti kehilangan pendengaran dan penglihatan; persentase lansia yang menerima perawatan jangka panjang di fasilitas tempat tinggal dan di rumah mereka; dan persentase lansia yang tinggal di lingkungan yang ramah terhadap usia. Juga termasuk indikator untuk melacak kemajuan komitmen pemerintah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan lansia.

Data di portal dipilah berdasarkan usia, jenis kelamin, dan negara untuk memungkinkan pemahaman yang komprehensif tentang tren di berbagai kelompok populasi, dan untuk mengelola kemajuan menuju tujuan global dengan lebih baik. Melalui peta, bagan, dan tabel, portal menawarkan opsi yang disesuaikan untuk visualisasi dan analisis data.

Selama Dekade Penuaan Sehat atau Decade of Healthy Ageing (2020-2030), yang disahkan oleh Majelis Kesehatan Dunia pada Agustus 2020, portal ini akan tetap menjadi pintu gerbang untuk mengakses semua data global terkait lansia yang diproduksi oleh WHO, organisasi internasional lainnya seperti UNDESA, ILO, Bank Dunia dan OECD, serta lembaga akademis seperti Institute for Health Metrics and Evaluation.

Baca juga: WHO Siapkan Skema Asuransi Vaksin Kepada Negara Miskin

Pada akhir tahun 2020, pengguna portal akan dapat membuat profil negara sebagai latar belakang untuk melakukan analisis situasi dan memulai dialog kebijakan dengan pemangku kepentingan. Data akan diperbarui saat dan ketika perkiraan atau informasi baru tersedia.

Informasi ini akan memperkuat visibilitas masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan orang lanjut usia dan pada akhirnya akan membantu menginformasikan dan mendorong tindakan untuk kebijakan nasional dan rencana untuk mendukung penuaan yang sehat.(WHO/ja/hm07)

Related Articles

Latest Articles