20.7 C
New York
Monday, October 7, 2024

Ukraina Kehilangan 16 Kendaraan Lapis Baja Bradley

Ukraina, MISTAR

Ukraina dilaporkan kehilangan 16 kendaraan lapis baja Bradley yang dipasok Amerika Serikat (AS) saat menyerang kembali pasukan Rusia beberapa hari lalu. Meski kehilangan 16 kendaraan Bradley, mereka berhasil merebut tiga desa dari Rusia dalam serangan di wilayah timur Donetsk.

16 kendaraan tempur infanteri Bradley AS yang rusak hanya sebagian kendaraan lapis baja dari 109 kendaraan tempur yang diberikan Amerika Serikat kepada Kyiv.

Menurut seorang intelijen asal Belanda, Jakub Janovsky yang telah mengumpulkan bukti visual terkait kerugian peralatan militer di Ukraina sejak invasi Rusia pada 24 Februari 2022, mengatakan kendaraan lapis baja yang diberikan AS dapat menampung 10 tentara di dalamnya.

Baca juga: Ukraina Mulai Lakukan Serangan Balasan ke Rusia

“Kendaraan tempur milik Ukraina bergerak di atas rel. Bukan roda. Bradley dapat menampung sekitar 10 tentara dan digunakan untuk mengangkut personel ke medan perang dengan dukungan senjata mumpuni,” kata Jakub, Senin (12/6/23).

Komandan Batalyon Transportasi 841 Angkatan Darat AS, Rebecca D’Angelo mengatakan kendaraan lapis baja yang mereka kirimkan menjadi kendaraan penting untuk operasi ofensif Kyiv.

Baca juga: Tentara Bayaran Rusia Tolak Teken Kontrak Invasi ke Ukraina

“Mudah-mudahan ini akan meningkatkan kemampuan mereka untuk memberikan kemajuan di medan perang dan mendapatkan kembali wilayah yang hilang. Dengan memiliki peralatan yang cocok atau melebihi apa yang dimiliki Rusia, tentu akan lebih mudah,” kata D’Angelo dalam sebuah laporan Angkatan Darat AS. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles