9.6 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Tepi Barat Memanas, 4 Warga Palestina Tewas dalam Baku Tembak dengan Israel

Tepi Barat, MISTAR.ID
Setidaknya empat warga Palestina tewas dalam baku tembak dengan pasukan keamanan Israel yang melakukan operasi penyisiran anggota kelompok Hamas di Tepi Barat, Minggu, 26 September 2021.

Baku tembak antara Palestina dan Israel di Tepi Barat ini hal yang paling mematikan dalam beberapa pekan terakhir.

Kementerian Kesehatan Palestina mengonfirmasi adanya empat korban tewas. Korban pertama ditembak mati dekat kota Jenin, sementara tiga lainnya di Biddu, wilayah utara Yerusalem.

Baca juga: Israel Kerahkan Pasukan Buru Tahanan Palestina yang Kabur

Perdana Menteri Naftali Bennett mengatakan bahwa pasukan keamanan Israel memang sedang menjalankan operasi melawan Hamas yang disebutnya hendak
“mengeksekusi serangan teror dalam waktu dekat.”

Ia mengatakan pasukan keamanan Israel sudah bertindak sesuai arahan, dan menegaskan bahwa pemerintahannya mendukung penuh sepak terjang mereka.

Militer Israel mengatakan, sejumlah pasukan keamanan yang menjalankan operasi di Tepi Barat sempat ditembaki sekelompok warga Palestina yang menggunakan senjata api.

Dilaporkan bahwa pemuda berusia 22 tahun bernama Osama Soboh tewas dalam bentrokan dengan pasukan Israel di desa Burqin dekat Jenin. Sementara detail tiga kematian lainnya tidak disebutkan.

Baca juga: Israel-Palestina Kembali Tegang, Pasukan Israel Tembak Penyerang Berpisau di Yerusalem

Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, menuduh bahwa empat kematian di Tepi Barat ini sebagai “hasil dari koordinasi” antara Otoritas Palestina (PA) dan pemerintahan Israel.

Juru bicara Hamas Abdulatif al-Qanou menyalahkan PA atas empat kematian warga Palestina. Menurutnya, pertemuan antara Presiden PA Mahmoud Abbas dan sejumlah petinggi Israel “mendorong pasukan penjajah untuk memburu kelompok perlawanan.”

Bulan lalu, pasukan Israel bentrok dengan sekelompok warga Palestina dalam penyerbuan larut malam di Jenin. Bentrokan tersebut menewaskan empat warga Palestina. (medcom/hm06)

Related Articles

Latest Articles