22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Tampil di Hadapan Publik, Kim Jong Un Lebih Kurus

Korut, MISTAR.ID

Ada yang sangat berbeda dengan penampilan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat kembali tampil di hadapan publik. Kim Jong Un tampak terlihat lebih kurus dari sebelumnya.

Dilansir dari Daily Mail, Rabu (1/9/21), Kim Jong Un hadir di hadapan publik dalam rangka Hari Perayaan Pemuda di Pyongyang. Kim Jong Un terlihat muncul di TV pemerintah.

Dalam tayangan TV itu terlihat Kim Jong Un berjalan di depan tribun yang dipenuhi ratusan anak sekolah. Mereka antusias melihat Kim Jong Un. Bahkan anak-anak perempuan terlihat sampai menangis.

Baca Juga:Korea Utara Mencari Pengganti Kim Jong Un

Melihat antusiasnya para anak-anak itu, Kim Jong Un pun tampak melambaikan tangan dan tersenyum. Fitur wajah Kim Jong Un tampak sangat menonjol, terutama di sekitar dagunya yang biasanya menghilang dalam lipatan lemak.

Pria berusia 37 tahun itu mengenakan kemeja putih. Kemeja itu terlihat longgar di badan Kim Jong Un. Padahal sebelumnya, kemeja yang ia kenakan selalu terlihat ketat di badan, terutama di area perut. Area leher dan dada atas Kim Jong Un pun kini tampak terlihat saat ia mengenakan kemeja berkerah itu.

Lantas apakah Kim Jong Un alami sakit?

Rumor mengenai memburuknya kesehatan Kim Jong Un masih menjadi bergulir hingga saat ini. Rumor itu kian santer usai foto-foto yang muncul awal tahun ini menunjukkan perubahan dramatis Kim Jong Un, yang disebut mengalami penurunan berat badan sekitar 44 pon.

Baca Juga:Gagal Terapkan UU Pendidikan Jarak Jauh, Kim Jong Un Hukum Mati Menterinya

Untuk meredam desas-desus itu, pemerintah Korea Utara melarang gosip tentang berat badan Kim Jong Un. Pemerintah Korea Utara mengatakan kalau Kim Jong Un memang makan lebih sedikit ‘demi negara’. Korea Utara memang tengah bergulat dengan isu kelaparan.

Namun, ada laporan bahwa Kim Jong Un mungkin telah memasang pita lambung untuk mengurangi masalah berat badannya. Yang lain mengklaim bahwa pandemi Covid-19 membuat Kim Jong Un fokus untuk mengurangi berat badannya.

Baca Juga:Setahun Menghilang, Istri Kim Jong Un Tampil Di Publik

TV pemerintah dalam siaran dua bulan lalu pernah mewawancarai seseorang yang mengatakan kondisi Kim Jong Un yang ‘kurus’ ‘menghancurkan hati rakyat’. Namun para ahli percaya siaran itu adalah upaya untuk mengumpulkan simpati untuk Kim Jong Un.

Korea Utara saat ini berada dalam pergolakan krisis ekonomi yang dipicu oleh pandemi Covid-19 dan panen yang buruk. (dtc/int)

Related Articles

Latest Articles