16.5 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Tak Kelihatan 2 Pekan Lebih, Menhan China Dikabarkan Jalani Investigasi

The Wall Street Journal mengutip seseorang yang dekat dengan pengambilan keputusan di Beijing yang mengatakan bahwa Li telah dibawa pihak otoritas pekan lalu untuk diinterogasi.

Keberadaan Li pertama kali dipertanyakan Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang, Rahm Emanuel pada hari Jumat, lewat media sosoal X (sebelumnya Twitter). Dalam postinganya, Dubes Emanuel mempertanyakan apakah Li sedang dalam tahanan rumah.

Li terakhir terlihat di Beijing pada 29 Agustus lalu saat memberikan pidato penting dalam sebuah forum keamanan dengan negara-negara Afrika. Awal bulan itu, dia juga mengunjungi Rusia dan Belarus.

Menurut sumber Reuters, yang memiliki kontak langsung dengan militer dan dua pejabat keamanan asing dan mendapatkan laporan tentang kasus ini, penyelidikan terhadap Li dimulai segera setelah dia kembali dari perjalanan itu.

Baca Juga: Akhirnya PKS Putuskan Dukung Amin di Pilpres 2024

Selanjutnya, pada 3 September 2023, Kementerian Pertahanan China membatalkan kunjungan Li ke Vietnam untuk pertemuan pertahanan tahunan antara kedua negara yang dijadwalkan pada tanggal 7-8 September.

Beijing kemudian mengabari pejabat di Hanoi bahwa Li mengalami masalah kesehatan saat menunda acara tersebut, menurut keterangan 2 pejabat di Vietnam.

Ketidakhadiran Li dalam pertemuan tersebut, serta pembicaraan dengan pejabat militer senior Singapura di Tiongkok pada minggu yang sama, menimbulkan pertanyaan di kalangan diplomat regional dan pengguna media sosial tentang keberadaannya. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles