23.3 C
New York
Monday, August 26, 2024

Setelah Roket Katyusha Hizbullah, Israel Dihujani Roket M90 Hamas

Aksi saling serang berawal usai militer Israel mengumumkan telah melancarkan serangkaian serangan udara besar-besaran ke segala penjuru Lebanon selatan, wilayah yang dikuasai Hizbullah.

Serangan itu dilancarkan militer Israel (IDF) sejak Minggu dini hari. Pasukan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahkan telah memerintahkan warga Lebanon di dekat markas Hizbullah untuk menjauh.

Namun, Hizbullah tak tinggal diam, milisi sekutu Iran itu segera meluncurkan serangan drone dan roket besar-besaran ke sejumlah titik di Israel.

Hizbullah menuturkan rangkaian serangan ini sebagai balasan atas pembunuhan salah satu komandan seniornya, Fuad Shukr di Beirut pada akhir Juli lalu.

Baca juga: Serangan Roket Hamas Gagal Tembus Israel

Menurut media Israel sejauh ini ada seorang perempuan terluka imbas serangan udara Hizbullah ke daerahnya. Sementara itu, belum ada laporan korban maupun kerusakan dari pihak Hizbullah.

Imbas ketegangan ini, militer Israel menetapkan status darurat selama 48 jam dan mengimbau warganya terutama di utara Israel untuk menghindari kerumunan dan berlindung di shelter-shelter.

Bandara Internasional Ben Gurion di Tel Aviv pun sempat ditutup dan seluruh penerbangan dari dan menuju bandara ditangguhkan.

Militer Israel mengatakan operasional bandara kembali beroperasi sekitar Minggu pagi waktu setempat. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles