17 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Regu Seni Kepolisian Carabinieri Italia Temukan Kapal Kargo Romawi Kuno, Sebagian Isinya Utuh

Roma, MISTAR.ID

Regu seni kepolisian Carabinieri Italia memberikan kabar tentang penemuan bangkai kapal kargo Romawi kuno dari lebih dari 2.000 tahun lepas di pantai  Civitavecchia dekat Roma.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, kapal tersebut berada sekitar 80 kilometer atau sekitar 50 mil di barat laut ibukota Italia. Posisi kapal kuno itu di kedalaman 160 meter atau sekitar 525 kaki.

Menurut regu seni kepolisian Carabinieri Italia, kapal kuno abad ke 1 atau ke 2 itu memiliki panjang 20 meter membawa ratusan amphora – sejenis guci Romawi kuno. Sebagian ditemukan masih utuh.

Baca juga: Penemu Perahu Kuno di Dasar Sungai Silau Asahan Layak Dapat Penghargaan

“Penemuan yang luar biasa ini merupakan contoh penting dari karamnya kapal Romawi yang menghadapi bahaya laut dalam upaya mencapai pantai, dan menjadi saksi dari rute perdagangan maritim kuno,” kata Carabinieri, Jumat (28/7/23).

Sejauh ini pihak regu seni kepolisian telah memfilmkan kapal itu menggunakan robot yang dioperasikan secara jarak jauh. Namun tidak dijelaskan apakah upaya memulihkan muatan ke dasar laut akan dilakukan.(republika/hm17)

Related Articles

Latest Articles