28.9 C
New York
Friday, June 28, 2024

Ratusan Ribu Jemaah Haji Dikeluarkan dari Makkah, Ternyata ini Penyebabnya

Ibadah haji terdiri dari serangkaian ritual yang diselesaikan setidaknya selama empat hari di Makkah. Banyak yang berupaya menyelesaikan ibadah haji melalui jalur tidak resmi.

Hal itu terjadi karena mendapatkan izin resmi dan paket perjalanan haji bisa sangat mahal, sedangkan kuotanya terbatas untuk jemaah dari setiap negara. Arab Saudi merupakan rumah bagi dua tempat paling suci dalam Islam, yakni Makkah dan Madinah.

Baca juga : Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan Fisik Mendekati Puncak Haji

Kerajaan Saudi pun menghasilkan miliaran dolar setiap tahunnya dari haji dan umrah yang dilakukan pada waktu lain dalam setahun. Ibadah haji juga menjadi sumber prestise bagi Raja Saudi yang gelar resminya mencakup ‘Penjaga Dua Masjid Suci’ di Makkah dan Madinah.

Lebih dari 1,3 juta jemaah terdaftar telah tiba di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji. Pemerintah Saudi pun terus melakukan razia jemaah haji yang datang secara ilegal untuk mencegah kerumunan tak terkendali. Saudi melakukan hal ini untuk mencegah korban jiwa seperti yang pernah terjadi pada musim haji tahun 2015 lalu. (dtk/hm18)

Related Articles

Latest Articles