10 C
New York
Saturday, May 4, 2024

Putin Pertama Kali Berangkat ke Luar Negeri Sejak Menjadi Buronan ICC

Moskow, MISTAR.ID

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Kyrgyzstan pada Kamis (12/10/23). Kunjungan ini merupakan perjalanan luar negeri pertama pemimpin Rusia tersebut sejak Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah penangkapan.

“Atas undangan Presiden Republik Kyrgyzstan Sadyr Japarov, pada 12 Oktober, Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin akan melakukan kunjungan resmi ke negara tersebut,” kata Istana Kepresidenan Kyrgyzstan dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situsnya.

Putin juga akan menghadiri upacara yang menandai peringatan 20 tahun pembukaan Pangkalan Udara Kant.

Baca juga : Putin: Masyarakat Ukraina di Empat Wilayah Ingin Bergabung dengan Rusia

Fasilitas tersebut merupakan markas besar Pangkalan Udara ke-999 Angkatan Udara Rusia. Putin jarang bepergian ke luar negeri sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada awal tahun 2022.

Ia juga tidak diketahui meninggalkan Rusia sejak ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya pada bulan Maret atas dugaan deportasi yang melanggar hukum.Izinkan ratusan anak meninggalkan Ukraina.

Putin, selama pembicaraannya dengan Japarov pada bulan Mei, menyatakan persetujuannya untuk mengunjungi Kyrgyzstan. Namun Kremlin belum secara resmi mengonfirmasi bahwa Presiden Rusia akan melakukan perjalanan tersebut pada hari Kamis.

Related Articles

Latest Articles