15.4 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Presiden Zelensky Minta Bangsa Ukraina Tak Mundur

Jakarta, MISTAR.ID

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyerukan warganya terus bertahan dan melawan Rusia “setiap ada kesempatan”. Dalam pidato yang disiarkan di Facebook pada Sabtu (5/3) waktu setempat, Zelensky memuji tindakan warganya yang tetap protes menolak Rusia menduduki wilayah mereka.

“Warga Ukraina! Di seluruh kota-kota kita, di mana musuh menginvasi, pergilah untuk menyerang. Turun ke jalan. Kita butuh berjuang setiap ada kesempatan,” kata Zelensky, dikutip dari CNN.

Zelensky juga menyebut bahwa semua warga Ukraina tidak akan memberikan tanah air mereka “kepada musuh” dan memuji keyakinan orang-orang Ukraina. “Ketika kalian tidak memiliki senjata namun mereka merespons dengan tembakan dan kalian tidak lari, inilah alasan mengapa penjajahan adalah hal yang sementara,” kata Zelensky.

Baca Juga:Perundingan Ukraina dan Rusia Sudah Dimulai, Ini Ungkapan Penasehat Zelensky

“Bangsa Ukraina, jangan mundur. Setiap meter dari tanah bangsa Ukraina yang direbut kembali adalah sebuah kemajuan, sebuah langkah menuju kemenangan,” tegasnya.

Sementara itu, Rusia dan Ukraina telah menyepakati pembuatan jalur kemanusiaan yang digunakan untuk mengevakuasi penduduk dari zona konflik. Meski demikian, kubu Rusia dilaporkan masih terus menghujani wilayah jalur evakuasi tersebut dengan tembakan.

Menteri Reintegrasi Wilayah Penduduk Ukraina, Iryna Vereshchuk, menuturkan pasukan Rusia masih menembaki kota Volnovakha yang terletak di wilayah Donetsk Timur. Padahal, kota itu disebut sebagai bagian dari jalur kemanusiaan yang sempat direncanakan. Kata Vereshchuk, ada kesepakatan untuk membuka jalur evakuasi di Volnovakha dan Mariupol.(cnn/hm15)

Related Articles

Latest Articles