12.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Presiden Brasil Jair Bolsonaro Diperiksa

Brasilia, MISTAR.ID

Setelah menunjukkan gejala demam dan flu, Presiden Brasil Jair Bolsonaro menjalani pemeriksaan virus corona (Covid-19), Senin (6/7/20).

Mengutip AFP, pemeriksaan ini dilakukan setelah sejumlah foto yang dirilis kantor kepresidenan Brasil menunjukkan Bolsonaro menggelar jamuan makan siang bersama dengan duta besar Amerika Serikat dan beberapa menteri tanpa menggunakan masker.

Jamuan makan siang itu digelar untuk merayakan hari kemerdekaan AS pada 4 Juli. Bolsonaro dikabarkan sudah mengambil cuti selama seminggu untuk istirahat dan melakukan karantina.

Bolsonaro menuturkan dirinya telah menjalani rontgen paru-paru di rumah sakit militer sebagai tindakan pencegahan. Media lokal menuturkan hasil tes Bolsonaro kemungkinan keluar pada hari ini.

Baca juga: Gawat! Lebih dari 50 Ribu Jiwa Meninggal Akibat Covid-19 di Brasil

Ia menuturkan selain melakukan tes Covid-19, juga telah mengkonsumsi obat hydroxchloroquine sebagai tindakan pencegahan.

Ini merupakan pemeriksaan corona keempat yang dilakukan Bolsonaro sejak pandemi corona menerjang Brasil. Hasil tiga tes sebelumnya menyatakan dia negatif Covid-19. Pemeriksaan dilakukan Bolsonaro setelah selama ini kerap meremehkan virus corona. Ia juga tak pernah menaati protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Di awal penyebaran corona di Brasil, ia menganggap virus Covid-19 sebagai “flu kecil”. Bolsonaro bahkan ikut berdemo menentang kebijakan pemerintah negara bagian yang menerapkan penguncian atau karantina wilayah demi menekan angka penularan.

Baca juga: Brasil Tembus 1 Juta Kasus Covid-19, WHO Minta Negara-negara Tetap Waspada

Menurutnya, kebijakan karantina dan lockdown merusak perekonomian negaranya. Selain itu, awal pekan ini Bolsonaro juga mengubah sejumlah aturan yang melonggarkan hukum yang mewajibkan penggunaan masker wajah di tempat umum.

Bolsonaro juga memveto sejumlah pasal dalam RUU protokol kesehatan selama pandemi seperti pasal terkait kewajiban setiap perusahaan atau majikan menyediakan masker dan alat pelindung diri dari virus bagi pera stafnya.(cnn/hm07)

Related Articles

Latest Articles