25.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Presenter BBC Diskors Terkait Gambar Tidak Senonoh, Pemerintah Angkat Bicara

London, MISTAR.ID

Menteri Kebudayaan Lucy Frazer telah mengadakan pembicaraan darurat dengan direktur jenderal BBC tentang apa yang dia gambarkan sebagai “sangat mempengaruhi”.

Dia mengatakan direktur jenderal Tim Davie telah meyakinkannya bahwa BBC akan menyelidiki “dengan cepat dan sensitif”.

“Karena sifat dari tuduhan itu, penting bahwa BBC sekarang diberi ruang untuk menyelidiki, menetapkan fakta dan mengambil tindakan yang diperlukan. Saya akan terus diinformasikan perkembangannya,” tulisnya di media sosial.

Juru bicara Partai Buruh Oposisi, Rachel Reeves mengatakan BBC perlu “mempercepat prosesnya” dan “menertibkan institusi”.

Baca juga : Presenter BBC Diskors Karena Membayar Remaja Rp682 Juta untuk Gambar Tidak Senonoh

Penyiar televisi swasta Inggris ITV juga baru-baru ini dihadapkan pada skandal setelah Phillip Schofield, presenter lama acara pagi saluran yang populer, mengundurkan diri Mei lalu setelah mengaku berbohong tentang perselingkuhan dengan rekan yang jauh lebih muda.

Pejabat ITV telah dipanggil ke parlemen untuk menjawab pertanyaan tentang apakah saluran tersebut memiliki budaya kerja yang “beracun” dan apakah saluran tersebut menutupi kesalahan para bintangnya.

Meskipun BBC diawasi lebih dekat daripada penyiar lain karena didanai oleh uang pembayar pajak Inggris dan menganjurkan ketidakberpihakan dalam pelaporannya.

Baca juga : India Blokir Tayangan Film Dokumenter BBC Tentang PM Modi dalam Kerusuhan Gujarat

Lembaga Penyiaran Publik mengalami masalah serius atas kebebasan berbicara dan bisa politik Maret lalu ketika presenter olahraga utamanya, mantan pemain sepak bola Inggris Gary Lineker, turun ke media sosial untuk mengkritik kebijakan imigrasi pemerintah.

Lineker diskors tetapi kembali ke siaran setelah presenter olahraga, pakar, dan pemain Liga Premier lainnya memboikot BBC sebagai bentuk solidaritas.

Sebelumnya, Kantor berita BBC pada Minggu (9/7/23) mengumumkan telah menskors presenternya yang dituduh membayar seorang remaja untuk mengambil foto yang tidak pantas. (okz/hm18)

Related Articles

Latest Articles