6.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemancing Dapat Ikan Lele Raksasa, Beratnya Nyaris 200 Kilogram

Bangkok, MISTAR.ID

Seorang pemancing asal Inggris berhasil ikan lele raksasa setelah berjuang setengah mati untuk menangkapnya di sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Dean McEwan adalah seorang insinyur perminyakan berusia 36 tahun dari Renfrewshire di Skotlandia. Dia sedang menikmati liburan bersama Palm Tree Lagoon Fishery, Thailand, yang memiliki program perjalanan memancing di Sungai Mekong.

Pria Inggris itu pun mengaku tercengang ketika ikan lele raksasa itu menangkap umpan pancingannya. Spesimen yang tangguh itu membuatnya harus “berjuang setengah mati” dalam waktu satu setengah jam untuk akhirnya bisa menarik salah satu ikan lele terbesar di dunia tersebut dari dalam air.

Baca Juga:Akuarium Raksasa Berisi Ribuan Ikan Tropis di Berlin Meledak

Tiga pria kemudian harus membantu mengangkat ikan raksasa itu ke jaring besar agar hasil tangkapan itu bisa diukur. Tangkapan itu diketahui memiliki hingga 190 kilogram.

Meskipun tidak ada catatan resmi untuk ikan lele terbesar yang ditangkap oleh pemancing di Thailand, tangkapan Dean hampir pasti merupakan yang terbesar.

“Pertama kali Anda merasakan kekuatan sebenarnya dari ikan ini, Anda mengerti mengapa mereka menyandang gelar ikan air tawar yang paling sulit ditangkap di dunia,” kata Dean sebagaimana dilansir Daily Mail pada Senin lalu.

Baca Juga:Buaya Raksasa Ditangkap Setelah Memangsa 80 Warga di Uganda

Menurut Dean, hari itu panas sehingga dia sempat mengalihkan pandangan dari pelampung sejenak. Tapi kemudian, dia mendengar reel di tongkat pancingannya terulur.

“Saya langsung mengangkat alat pancing dan memiringkannya. Begitu senar pancing terulur cepat, saya langsung tahu itu adalah tangkapan yang besar.”

“Saya telah menangkap beberapa ikan lele sebelumnya, jadi apa yang saya hadapi.”

“Benar-benar tidak ada yang dapat Anda lakukan dengan ikan ini, kecuali mengambil menggulung senar hingga badan condong ke belakang setiap kali Anda mendapat kesempatan, biasanya saat ikan mengubah arah.”

“Itu benar-benar ujian stamina. Setelah satu setengah jam kemudian kami meminggirkan ikan lele raksasa itu ke darat dan membiarkannya beristirahat sebentar.”

Setelah mencatat berat dan ukurannya serta berpose untuk foto wajib, Pria yang kelelahan itu melepaskan ikan lele tersebut kembali ke danau dengan selamat dan sehat.

Baca Juga:Tikus Raksasa Ahli Pelacak Bom Raih Medali Emas Kemudian Pensiun

Tim Webb, seorang ekspatriat Inggris yang menjalankan bisnis perikanan dengan istrinya, Benchawan, berkata: “Ini adalah lele terbesar di danau dan mungkin di Thailand.”

“Ini pasti ikan lele terbesar yang ditangkap oleh orang Inggris.”

Lele raksasa Mekong telah diakui sebagai tangkapan kelas berat di air tawar bagi pemancing dunia. Menurut Guinness Book of Records, seekor ikan sepanjang 9 kaki (2,7 meter) yang ditangkap di Thailand utara pada 2005 memiliki berat 646 pon (293 kilogram), menjadikannya ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat.

Karena jumlahnya menurun drastis dalam beberapa dekade terakhir, ikan lele raksasa ini terdaftar sebagai sangat terancam punah oleh World Conservation Union pada 2003.(kompas.com/hm01)

Related Articles

Latest Articles