17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Normalisasi Hubungan dengan Israel Diabaikan, Saudi Fokus Selesaikan Konflik di Gaza

Jakarta, MISTAR.ID

Normalisasi hubungan Arab Saudi dengan Israel masih diabaikan di tengah kondisi Gaza yang semakin mencekam. Wakil Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Waleed Bin Abdul Karim El Khereji menyebut pihaknya masih fokus untuk penyelesaian konflik di Gaza.

“Saat ini, kami (Arab Saudi) berkonsentrasi dalam penyelesaian permasalahan di Gaza,” jelas Waleed di Istana Wakil Presiden, Jakarta yang dikutip, Jumat (12/1/24).

Menurutnya, yang terpenting yakni perang di Gaza harus dihentikan dan posisi Arab Saudi sangat jelas untuk itu.

Baca juga : Maroko Pertimbangkan Tolak Normalisasi Israel

“Kami ingin menghentikan perang tersebut. Lalu [agar masyarakat Gaza] memiliki akses untuk bantuan kemanusiaan,” terangnya.

Sebelumnya, Perwakilan Khusus untuk Urusan Energi dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Amos Hochstein menuturkan upaya normalisasi antara Israel dan Arab Saudi masih menjadi tujuan utamanya.

“Kami juga menantikan adanya solusi dan penyelesaian final terhadap isu rakyat Palestina dan Israel,” pungkasnya.

Baca juga : Jokowi Desak Biden Bantu Setop Serangan Israel ke Gaza

Dikatakannya, harapan keberlangsungan normalisasi hubungan itu tidak harus pupus meski saat ini pertempuran bergejolak di Jalur Gaza antara Israel dan Hamas.

Ia meyakini bagaimanapun juga proses normalisasi hubungan Israel dan Arab Saudi dapat berkontribusi menciptakan perdamaian di Timur Tengah. (kumparan/hm18)

Related Articles

Latest Articles