14.2 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Nama Calon Duta Besar AS untuk Indonesia Diumumkan Biden

Washington, MISTAR.ID

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan rencananya untuk mencalonkan dua tokoh untuk menjabat masing-masing sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia dan Eswatini.

Posisi Dubes AS untuk Indonesia dipercayakan Biden kepada Kamala Shirin Lakhdhir. Sedangkan untuk posisi Dubes AS di Eswatini, nama yang dipilih adalah John W McIntyre, Sabtu (21/10/23).

Kamala Shirin Lakhdhir adalah diplomat karier dari Dinas Luar Negeri Senior, kelas Menteri-Penasihat, dan terakhir menjabat Sekretaris Eksekutif Kementerian Luar Negeri AS.

Baca juga : Presiden Biden: Dukungan AS untuk Israel dan Ukraina Mempersatukan Dunia

Ia sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar untuk Malaysia, dan pernah juga sebagai Asisten Eksekutif Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Politik, dan Asisten Khusus Asisten Menteri Luar Negeri Urusan Asia Timur dan Pasifik.

Lakhdhir pernah menjabat sebagai Konsul Jenderal AS di Belfast, Irlandia Utara. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Kantor Urusan Maritim Asia Tenggara, yang bertanggung jawab atas hubungan AS dengan Indonesia.

Selain itu, Lakhdhir juga pernah menjabat sebagai Pearson Fellow di Subkomite Asia dan Pasifik pada Komite Hubungan Internasional DPR, dan Subkomite Kebijakan Moneter dan Perdagangan Internasional pada Komite Jasa Keuangan DPR.

Baca juga : Presiden Joe Biden Hubungi Presiden Mahmoud Abbas untuk Menawarkan Bantuan

Pada awal kariernya, Lakhdhir pernah menduduki posisi Wakil Koordinator Staf Koordinasi Taiwan di Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik.

Penugasan luar negeri lainnya berada di Tiongkok, Indonesia, dan Arab Saudi. Lakhdhir memperoleh gelar BA dari Harvard College dan MS dari Perguruan Tinggi Perang Nasional. Bahasa asing yang dikuasai adalah Bahasa Tiongkok dan Bahasa Indonesia. (medcom/hm18)

Related Articles

Latest Articles