23.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Menkes Irak Dan Gubernur Baghdad Diskorsing Akibat Kebakaran RS

Baghdad, MISTAR.ID

Kebakaran hebat yang melanda rumah sakit Covid-19 di Irak dan menewaskan sedikitnya 82 orang serta melukai ratusan lainnya membuat pemerintah Irak menskorsing atau memberhentikan sementara Menteri Kesehatan Irak dan Gubernur Baghdad.

Keduanya dianggap bertanggung jawab atas tragedi yang terjadi pada Sabtu malam tersebut. Dalam sebuah sesi khusus kabinet pada Minggu kemarin (25/4/21), Menkes Irak Hassan al-Tamimi dan Gubernur Baghdad Muhammad Jaber diskors untuk menjalani investigasi terkait kebakaran.

“Komisi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Othman al-Ghanimi akan menginvestigasi kebakaran fatal di rumah sakit Ibn al-Khatib dan menentukan siapa-siapa saja yang harus bertanggung jawab,” ucap pernyataan dari kantor Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhimi, dilansir dari laman Yeni Safak pada Senin (26/4/21).

Baca juga: Korban Tewas Akibat Kebakaran RS Covid-19 Di Irak Bertambah Jadi 82 Orang

Menurut data Kemendagri Irak, kebakaran di rumah sakit Ibn al-Khatib menewaskan 82 orang dan melukai 110 lainnya. Api diduga berasal dari ledakan tabung oksigen di unit perawatan intensif. Rumah sakit tersebut telah dijadikan salah satu pusat penanganan pasien Covid-19 untuk wilayah ibu kota Irak.

Pemerintah Irak telah mendeklarasikan masa berkabung nasional selama tiga hari untuk mengenang korban tewas dalam peristiwa tersebut. Sebelumnya, Komisi Hak Asasi Manusia Independen Irak mendorong PM Kadhimi untuk memecat Menteri Kesehatan Hassan al-Tamimi dan para deputinya atas kebakaran fatal tersebut.

Beberapa video di media sosial Irak memperlihatkan petugas pemadam berusaha memadamkan kobaran api, sementara sejumlah orang terlihat melarikan diri dari area rumah sakit.

Sejumlah petugas layanan darurat mengatakan, banyak pasien meninggal dunia saat mereka terpaksa harus dilepas dari alat oksigen di tengah upaya evakuasi. Sementara sebagian pasien lainnya meninggal akibat menghirup terlalu banyak asap. (medcom/hm09)

Related Articles

Latest Articles