9.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Mali Darurat! Presiden Dan Perdana Menteri Ditangkap Pemberontak

Bamako, MISTAR.ID

Situasi Mali kini menakutkan. Pihak pemberontak yang diperangi sejak 2012 melalui salah satu pemimpinnya di Mali mengaku pada Selasa (18/8/20) bahwa mereka telah menangkap Presiden Ibrahim Boubacar Keita dan Perdana Menteri Boubou Cisse.

“Kami dapat memberitahu kalian bahwa presiden dan perdana menteri berada di bawah kendali kami,” kata pemimpin yang tak mau disebutkan namanya itu kepada media. Dia menambahkan bahwa pasangan pemimpin negara Mali itu telah “ditahan” di kediaman Keita di ibu kota Bamako. Sebelumnya, tentara melancarkan pemberontakan dari kota Kati.

Pejabat militer lainnya, yang juga enggan menyebutkan identitas, mengatakan presiden dan perdana menteri berada di kendaraan lapis baja dalam perjalanan ke Kati.

Baca juga: Antrian Bermil Panjangnya Untuk Bantuan Makanan di Afrika Selatan

Mali telah melawan pemberontak sejak 2012. Bahkan pada kala itu, negara di Afrika tersebut kehilangan wilayah di bagian utara yang dikuasai oleh pemberontak yang merupakan para jihadis. Sebagian para pemberontak itu kemudian berhasil diusir dalam operasi militer yang dipimpin Prancis dan disokong intervensi dari negara lainnya.

Meski sempat ada kesepakatan damai pada 2015, kekerasan di negara tersebut terus berlanjut. Bahkan, kekerasan menyebar ke selatan dan ke negara-negara tetangga. Sementara itu, kabar penahanan Presiden dan Perdana Menteri Mali ini telah diterima oleh Presiden Prancis, Emmanuel Macron.

Macron kemudian dilaporkan media langsung membahas kejadian tersebut dengan para pemimpin Afrika barat lainnya. Istana Kepresidenan Prancis mengatakan Macron mendukung upaya mediasi oleh blok regional ECOWAS terkait hal ini.

“Presiden membahas situasi yang sedang berlangsung dengan Presiden Ibrahim Boubacar Keita dan para pemimpin Niger, Pantai Gading, dan Senegal,” kata pernyataan Istana Elysse. “Selain itu, ia (Macron) juga mengutuk upaya pemberontakan yang sedang berlangsung,” lanjutnya.(cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles