21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Kontes Miss Mexico 2021 Berlanjut Meski Separuh Kontestan Positif Covid-19

Meksiko City, MISTAR.ID

Penyelenggaraan kontes kecantikan Miss Mexico 2021 berjalan terus meski hampir separuh peserta kontes telah terpapar Covid-19. Kontestan yang terpapar mulai terserang batuk, sakit di tubuh dan bahkan demam, namun panitia bersikukuh tetap menyelenggarakan kontes tahunan tersebut.

Setidaknya 15 dari 32 kontestan dalam kontes Miss Mexico 2021 dinyatakan positif Covid-19. Seorang anggota staf kontes juga dinyatakan positif, menurut sekretariat kesehatan negara bagian Chihuahua. “Meskipun banyak (kontestan) batuk, sakit tubuh dan bahkan demam, penyelenggara meminta mereka untuk tidak mengeluh,” kata seorang sumber dari kontes kepada media.

Sebelum kontes, para kontestan melakukan perjalanan ke sekolah lari di Copper Canyon yang indah, namun berada dalam kondisi kemiskinan yang memprihatinkan. Sekolah itu dijalankan oleh para biarawati untuk anak-anak pribumi Tarahumara. Di sana kontestan mengirimkan perlengkapan sekolah dan berpose untuk selfie dengan para siswa.

Baca juga: Mahkota Dicopot Paksa, Ratu Kecantikan Sri Lanka Terluka

Sumber tersebut mengatakan kepada Reforma bahwa “minimal 10 (kontestan) memiliki gejala” dalam perjalanan itu. Penyelenggara di kota utara Chihuahua melanjutkan kontes pada 1 Juli, dua hari lebih cepat dari jadwal. Tidak diketahui mengapa tanggal diubah dan penyelenggara belum berkomentar.

Pejabat kesehatan di negara bagian Chihuahua menuduh penyelenggara tidak kooperatif dan berusaha menutupi peningkatan kasus Covid-19. Sekretariat kesehatan negara bagian mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka mendapat informasi tentang wabah itu melalui panggilan anonim.

“Sekretariat kesehatan negara bagian menyayangkan kurangnya kejujuran dan transparansi dari panitia penyelenggara,” kata pernyataan itu melansir media (7/7/21). Wabah dalam kontes itu muncul ketika kasus Covid-19 melonjak di negara yang telah mengambil pendekatan penguncian. Namun pelaksanaan aturan itu dilaporkan berjalan kurang ketat.

Baca juga: Ratu Kecantikan Myanmar Melawan Kekejaman Junta Militer

Pemerintah menutup perbatasan dan mewajibkan penggunaan masker, namun pengujian Covid-19 Meksiko masih sedikit dilakukan. Pada Selasa (6/7/21), pejabat kesehatan Meksiko melaporkan peningkatan terbesar dalam infeksi harian baru virus corona sejak akhir Februari.

Menurut data Covid-19 Meksiko dari Kementerian Kesehatan negara itu melaporkan 7.989 kasus baru terkonfirmasi Covid-19 bersama dengan 269 kematian lagi. Dengan demikian total keseluruhan Covid-19 Meksiko menjadi 2.549.862 infeksi dan 233.958 kematian. Sekitar 15 persen dari populasi divaksinasi penuh, sementara 25,1 persen orang Meksiko telah menerima satu dosis. (kompas/hm09)

Related Articles

Latest Articles