23.1 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Kereta Api Listrik Pertama Diluncurkan Tanzania di Belahan Timur Afrika

Kereta listrik tersebut, sebuah proyek bernilai hampir $2 miliar (Rp32,8 triliun), dipandang sebagai dorongan besar terhadap konektivitas domestik, perdagangan dan peluang ekonomi dengan negara-negara tetangga yang tidak memiliki garis pantai seperti Uganda dan Rwanda.

General Manager Tanzania Railways Corporation Masanja Kadogosa menyoroti pentingnya proyek ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan efisiensi transportasi di seluruh Tanzania dan Afrika Timur.

Dia mencatat bahwa perjalanan pertama, yang membawa 1.400 penumpang secara gratis, telah mengurangi waktu perjalanan antara dua kota menjadi hanya dua jam.

Baca juga : Jelang Mudik Lebaran, Tiket Kereta Api Baru Terjual 21 Persen

Sementara itu Project Manager Yapi Merkezi M. Firat Aygen menggarisbawahi dampak transformatif dari perkeretaapian yang baru diresmikan, dan menggambarkannya sebagai langkah awal menuju revolusi transportasi yang lebih luas di kawasan ini.

Dengan rencana segmen kedua yang hampir selesai, perusahaan Turki Yapi Merkezi yang bertanggung jawab atas empat dari lima bagian proyek konstruksi kereta api ekstensif di Tanzania yang mencakup lebih dari 1.000 kilometer, telah berhasil menyelesaikan segmen pertama.

Seluruh rute SGR akan dimulai dari Dar es Salaam ke Mwanza, kota pelabuhan di tepi Danau Victoria, dan Kigoma, sebuah kota di tepi timur laut Danau Tanganyika, dekat perbatasan dengan Burundi dan Republik Demokratik Kongo.

Rute tersebut akan menempuh total hampir 1.300 kilometer (sekitar 810 mil). Untuk saat ini, ruas yang telah diselesaikan adalah dari Dar es Salaam hingga ibu kota Dodoma, sepanjang kurang lebih 460 kilometer, yang akan diluncurkan secara resmi pada 1 Juli. (jpnn/hm18)

Related Articles

Latest Articles