6 C
New York
Saturday, March 2, 2024

Kebakaran Hutan Meluas di Prancis, Puluhan Ribu Warga Dievakuasi

Paris, MISTAR.ID
Kebakaran hutan meluas di barat daya Prancis pada Sabtu (16/7/22), dengan hampir 10.000 hektar terbakar di wilayah Gironde, meningkat dari 7.300 hektar pada Jumat (15/7/22).

Lebih dari 12.200 orang telah dievakuasi dari daerah itu pada Sabtu pagi dan lebih dari 1.000 petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan api, kata otoritas regional Nouvelle-Aquitaine dan Gironde dalam sebuah pernyataan.

“Mengingat kondisi cuaca dan risiko penting terjadinya kebakaran, pihak berwenang untuk sementara memblokir akses ke kawasan hutan untuk kegiatan profesional dan rekreasi,” kata pernyataan tersebut.

Kebakaran hutan telah berkobar di Prancis selama beberapa pekan terakhir, serta di negara-negara Eropa lainnya seperti Portugal dan Spanyol, karena suhu telah naik. Kebakaran di sekitar kota Teste-de-Buch di Gironde telah stabil, setelah melanda lebih dari 3.000 hektar sejak awal krisis.

Di kota terdekat Landiras, di mana 6.500 hektar telah terbakar dan 2.200 orang dievakuasi, api terus menyebar semalaman, didorong ke barat daya oleh angin kencang.

“Kami memiliki api yang akan terus menyebar selama belum distabilkan,” kata Vincent Ferrier, wakil pejabat pemerintahan Langon di Gironde, saat konferensi pers pada hari Sabtu (16/7/22).(antara/hm02)

Related Articles

Latest Articles