23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Joseph Lowery Veteran Pemimpin Hak Sipil AS Tutup Usia

Washington, MISTAR.ID
Joseph Lowery, seorang veteran pemimpin hak-hak sipil AS, telah meninggal dunia pada usia 98 tahun pada hari Jumat (27/3/20)
Pendeta Lowery adalah seorang anggota pendiri Christian Leadership Conference, tempat dimana dia bekerja bersama dengan Dr. King. Ia merupakan mantan teman baik Martin Luther King Jr.

Beliau adalah orang yang memberikan pidato di pemakaman Correta, istri dari Dr. King, dan juga memberikan pidato pada upacara inagurasi Presiden Barack Obama pada tahun 2009.
Beberapa bulan kemudian, Obama menganugerahinya dengan penghargaan Presidential Medal of Freedom, penghargaan kenegaraan tertinggi negara untuk warga sipil.

Dalam serangkaian tweet yang beredar di Twitter, akun The King Center memberikan penghormatan dengan menuliskan “the great Rev. Lowery” dan menuliskan: “We will miss you, Sir”

Lowery membantu mendirikan organisasi Southern Chrisntian Leadership Conference yang berdiri di Atlanta, sebuah organisasi hak-hak sipil Afrika-Amerika yang dibentuk untuk mendukung kesetaraan ras. Dan dia menjabat sebagai presiden organisasi etrsebut sejak 1977 hingga 1997.
Dia menikah dengan pemimpin aktivis hak-hak sipil Evelyn Gibson pada tahun 1950. Pasangan ini memiliki tiga anak perempuan, dan Rev. Lowery sendiri memiliki dua putra dari perikahan sebelumnya.

Penerjemah : Julyana Ang
Sumber : BBC News
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles