17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Jet Tempur Rusia Tak Sengaja Bom Wilayah Sendiri, 2 Terluka

Moskow, MISTAR.ID

Jet tempur Rusia tak sengaja menjatuhkan bom di salah satu kota padat penduduk di Rusia, hingga menimbulkan kawah sebesar 20 meter dan kerusakan lainnya. Dua warga dilaporkan terluka akibat peristiwa ini.

Insiden yang terjadi pada Kamis (20/4/23) malam waktu setempat itu menyebabkan ledakan pada sebagian bangunan dan kendaraan di sekitar lokasi kejadian. Mulanya pesawat pengebom tempur bermesin ganda Su-34 tengah melakukan penerbangan di atas kota Belgorod, yang jaraknya hanya 40 kilometer dari utara perbatasan Ukraina.

“Pada 20 April sekitar pukul 22.15 waktu Moskow, ketika pesawat Su-34 Angkatan Udara Rusia sedang terbang di atas kota Belgorod, terjadi pelepasan darurat persenjataan udara,” demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari media.

Baca juga: Blogger Top Rusia Tewas Terkena Ledakan Bom yang Dikirim sebagai Hadiah

Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov, mengatakan bom jatuh di persimpangan salah satu jalan utama hingga menyebabkan kawah ledakan sebesar 20 meter. Dua orang dilaporkan terluka dalam ledakan ini. Sejauh ini, pemerintah Rusia belum mengungkap amunisi apa yang jatuh di kota Belgorod.

Menurut eks perwira Angkatan Udara Australia, Peter Layton, seorang pilot bisa membuang bom ketika pesawat mengalami kehilangan tenaga. Dalam kasus Su-34, kehilangan tenaga bisa terjadi di salah satu dari dua mesinnya.

Namun Layton berpendapat, insiden Belgorod terbilang aneh karena beberapa alasan. Pertama, karena amunisi itu meledak. Dalam keadaan darurat, persenjataan biasanya akan dilepaskan dalam mode ‘aman’, sehingga tak akan meledak. Kedua, seorang pilot pengebom akan membuang bomnya di daerah yang tidak berpenghuni.

Desember 2022 lalu, media pemerintah Rusia menyebut pesawat tempur Su-34 sebagai ‘pembom di garis depan’ yang dikirim untuk pasukan Rusia melawan Ukraina.

Baca juga: 4 Pesawat Pengebom China dan Rusia Terbang Bersama di Atas Perairan Dekat Jepang

“Pembom Su-34 akan menjadi kekuatan serangan garis depan Rusia dengan kemampuan tempur yang diperluas untuk meluncurkan amunisi canggih dari udara, meningkatkan jangkauan serangan darat dan laut serta peningkatan akurasi pengeboman,” demikian laporan media. Pesawat pembom tersebut bisa membawa berbagai amunisi, termasuk rudal udara-ke-udara dan udara-ke-permukaan. (cnn/hm09)

Related Articles

Latest Articles