16.2 C
New York
Friday, October 11, 2024

Israel Serang Pasukan PBB, 2 Anggota TNI Luka, Begini Respon Indonesia

Pangkalan militer UNIFIL yang diserang Israel berada di dalam area ‘Garis Biru’ yang merupakan garis demarkasi antara Lebanon dan Israel. Pasukan perdamaian yang tergabung pada UNIFIL bertugas di bawah mandat DK PBB melalui Resolusi 1701 tersebut untuk mendukung stabilitas Lebanon.

Kedua personel yang mengalami tersebut telah menerima perawatan di fasilitas medis terdekat dan saat ini dalam kondisi stabil. Menlu RI Retno Marsudi memastikan luka yang dialami mereka berasal dari luncuran peluru tank Merkava milik pasukan Israel.

Baca juga: Memanas! Militan Hizbullah Targetkan Tentara Israel di Perbatasan Lebanon

Kemlu menyatakan, pihaknya telah berkomunikasi langsung dengan Komandan Kontingen Garuda FHQSU (Force Headquarters Support Unit) terkait serangan Israel ini.

Sementara itu, Retno menegaskan, pasukan dan properti UNIFIL, serta keselamatan dan keamanan mereka, harus dihormati siapapun termasuk pasukan Israel. Kemlu juga menyoroti pernyataan UNIFIL yang mendesak Israel mematuhi kewajibannya dalam memastikan keamanan personel dan premis PBB.

Bahkan Indonesia juga menyerukan penyelidikan menyeluruh dan supaya pelakunya bertanggung jawab atas serangan yang melanggar hukum internasional ini.

“Indonesia meminta semua pihak untuk menjamin dihormatinya wilayah PBB yang tak dapat dilanggar dalam segala waktu dan keadaan,” ujarnya. (dtc/hm27)

Related Articles

Latest Articles